Right Issue, Antam Tawarkan Rp371/Saham

Dian Ihsan Siregar    •    06 Oktober 2015 10:05 WIB
antam
<i>Right Issue</i>, Antam Tawarkan Rp371/Saham
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan tambang pelat merah, PT Aneka Tambang Tbk (Persero) (ANTM) menetapkan harga penawaran saham baru (rights issue) di posisi Rp371 per lembar, dengan menawarkan saham sebanyak-banyaknya 14,49 miliar saham atas nama seri B dengan nilai nominal Rp100 per saham, atau setara 60 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah gelaran Penawaran Umum Terbatas I (PUT I).

Mengutip prospektus perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/10/2015), Antam menetapkan harga right issue Rp371 per saham, dengan menawarkan saham sebesar 14,49 miliar saham. Artinya, perseroan bakal meraih dana segar Rp5,37 triliun.

Setiap pemegang 310 saham lama yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 20 Oktober 2015 pukul 16.00 WIB berhak atas 471 Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp371 per saham yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan formulir pemesanan dan pembelian saham tambahan.

Dana yang diperoleh perseroan dari hasil right issue setelah dikurangi dengan seluruh biaya terkait PUT I bakal digunakan untuk beberapa hal. Pertama, dana sebesar Rp3,5 triliun untuk penyelesaian Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim untuk Tahap I, yang mencakup pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian serta infrastruktur pendukung.

Alasan perseroan menggunakan dana hasil PUT I untuk penyelesaian proyek adalah dalam meningkatkan nilai tambah cadangan nikel yang dimiliki Perseroan melalui peningkatan kapasitas produksi feronikel perseroan. Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim Tahap I memiliki total estimasi biaya sekitar Rp3,5 triliun dengan kapasitas produksi sebesar 13.500-15.000 TNi per tahun dan diperkirakan akan selesai pada 2018.

Sampai dengan 31 Agustus 2015, proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim sudah menyelesaikan konstruksi beberapa fasilitas pendukung, seperti camp site, main office, port and jetty, dan water intake facility. Dari total keseluruhan, konstruksi proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim sudah enam persen.

Sisa dana hasil right issue setelah dikurangi proyek pembangun pabrik Feronikel Haltim, perseroan akan gunakan untuk modal kerja, yang terkait kegiatan operasional perseroan, seperti beban pokok penjualan dan beban usaha dan biaya pengembangan usaha perseroan terkait dengan peningkatan kapasitas produksi.


(AHL)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

4 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /