40 Ton Bahan Kimia Diuji untuk Padamkan Kebakaran Hutan

Ilham wibowo    •    06 Oktober 2015 12:51 WIB
asap
40 Ton Bahan Kimia Diuji untuk Padamkan Kebakaran Hutan
Kepala BNPB Willem Rampangilei----MTVN/Anggito

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana menguji coba 40 ton bahan kimia. Sebab, kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan hingga saat ini belum teratasi.

Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan, ciri khas kebakaran lahan gambut yaitu menimbulkan asap pekat. Pihaknya akan menguji coba produk bahan kimia yang diklaim dapat menurunkan temperatur dan memadamkan kebakaran tanpa menimbulkan asap.

"Saya akan kerahkan 40 ton chemical, untuk memperkuat pemadaman. Menurut penjelasan produknya kalau digunakan bisa menurunkan temperatur secara drastis dan tidak menimbulkan asap, walaupun harganya mahal," kata Willem di Ruang Rapat Graha BNPB Lantai 15, Jalan Pramuka Kaveling 38, Jakarta Timur, Selasa (6/10/2015).

Meski begitu, Willem tidak menjelaskan berapa harga dan dari mana asal produk kimia ini. Ia menyebut, segera menggunakan setelah melakukan uji coba dan hasilnya efektif.

"Kita akan menggunakan chemical ini sebagai percobaan, kalau efektif kita akan gunakan itu," ucapnya.

Produk uji coba ini segera digunakan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Titik api di wilayah tersebut saat ini masih yang paling tinggi.

"Sekarang saya lagi mencari transportasi untuk membawanya ke sana. Nanti penggunaannya dicampur dengan air. Bisa dimasukan ke dalam mobil damkar bisa juga dengan water bombing," ucapnya.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

11 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /