KPK Masih Cari Bukti Kuat Dugaan Korupsi di Pelindo II

Yogi Bayu Aji    •    06 Oktober 2015 14:30 WIB
pelindo
KPK Masih Cari Bukti Kuat Dugaan Korupsi di Pelindo II
Plt Pimpinan KPK, Johan Budi----Ant/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mencari bukti dugaan korupsi di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II. Sejauh ini, lembaga antikorupsi belum menemukan bukti permulaan cukup untuk menetapkan tersangka.

"Belum ditemukan dua alat bukti permulaan yang cukup," kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi di kantornya, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (6/10/2015).

Johan menegaskan, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Belum ada tersangka dalam kasus tersebut. "Belum ada gelar lagi," ucap mantan Deputi Pencegahan KPK.

Dia juga masih enggan memaparkan kasus yang ada di Pelindo II. Johan hanya mengisyaratkan ada sejumlah dugaan yang ditelisik.

"Jadi penyelidikan itu kan serangkaian kegiatan dalam rangka untuk apakah ada terjadinya tindak pidana," jelas Johan.

KPK diketahui sempat memanggil Dirut PT Pelindo II Richard Joost Lino untuk dimintai keterangan pada Senin, 14 April 2014. Lembaga antikorupsi, saat itu, membuka penyelidikan kasus dugaan korupsi pada proyek pengadaan Pelindo II di Lampung dan wilayah lainnya.

"Memang benar ada penyelidikan terkait pengadaan di Pelindo II, penyelidikan ini bukan di Kalibaru, tapi yang di Lampung dan tempat lain," kata Juru Bicara KPK Johan Budi kala itu.

Serikat Pekerja Pelindo II sudah melaporkan manajemen Pelindo kepada KPK. Hal yang mereka ungkap di antaranya, pengadaan dua unit Quay Container Crane (QCC) untuk Pelabuhan Tanjung Priok yang dialihkan ke Pelabuhan Palembang dan Pontianak, penggunaan tenaga ahli dan konsultan yang dianggap tidak sesuai prosedur, megaproyek Kalibaru, pemilihan perusahaan bongkar muat di Tanjung Priok, serta berkaitan dengan perpanjangan kontrak perjanjian Jakarta International Container Terminal (JICT).


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /