Penjelasan Gubernur BI soal Kritikan ke Pemerintah

Eko Nordiansyah    •    06 Oktober 2015 16:57 WIB
bank indonesia
Penjelasan Gubernur BI soal Kritikan ke Pemerintah
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, kritik yang disampaikan terkait rencana pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah demi menjaga momentum pertumbuhan ekonomi melalui reformasi struktural.

Hal ini tentunya berbeda dengan pemberitaan yang beredar bahwa kritik Gubernur BI tentang rencana pemerintah menurunkan harga BBM sebagai jalan mencari popularitas semata.

"Kritik itu untuk menjaga momentum pertumbuhan. Reformasi struktural harus terus dilanjutkan walaupun kebijakan yang harus diambil cenderung tidak populer," ungkap Agus, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Dirinya menambahkan, rencana penyesuaian harga BBM masih berupa wacana, belum pada tahap diskusi secara serius di lingkungan pemerintah, terlebih lagi di level Presiden.  

"Namun apabila langkah itu ditempuh, pesan yang harus disampaikan kepada publik harus konsisten yaitu dalam rangka memperkuat dan menyehatkan keuangan negara, supaya defisit dapat terus ditekan, inflasi terkendali, dan rupiah kembali stabil," jelas dia.

Sebelumnya, Agus melemparkan kritik kepada pemerintah untuk tidak menjadikan wacana penurunan BBM sebagai bentuk popularitas. Namun, kritik tersebut justru dinilai melampaui batas Agus Marto sebagai Gubernur BI.


(ABD)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /