Dua Sipir Pengawal Gayus Hanya Dikenakan Sanksi Disiplin Menengah

Octavianus Dwi Sutrisno    •    06 Oktober 2015 17:32 WIB
gayus tambunan
Dua Sipir Pengawal Gayus Hanya Dikenakan Sanksi Disiplin Menengah
Foto: Seorang wartawan menunjukkan foto diduga Gayus Tambunan sedang makan di sebuah restoran/Ant_Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Dua sipir Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, yang mengawal terpidana kasus penggelapan pajak Gayus Halomoan Tambunan, dijatuhi sanksi. Kepal Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Agus Toyib mengatakan, dua sipir dinilai lalai dalam menjalankan tugas dan dijatuhi sanksi disiplin sedang atau menengah.

"Usulan sudah diajukan ke pusat dengan tembusan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), setelah dibentuk tim investigasi akhirnya diberikan sanksi disiplin menengah bagi dua pengawal Lapas Sukamiskin," kata Agus Toyib kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/10/2015).

Sayangnya, Agus tak menjelaskan sanksi apa yang dijatuhkan kepada dua sipir itu. Jika merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, ada tiga jenis sanksi yang masuk dalam kategori sanksi disiplin menengah.

"Dalam PP itu, jenis sanksi atau hukuman disiplin menengah antara lain penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun. Penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun," kata dia.

Agus juga mengatakan, tim investigasi telah melakukan penelusuran terkait keaslian foto dan keberadaan Gayus saat berada di restoran bersama dua orang wanita yang ramai dibicarakan di media sosial.

"Setelah diperiksa, pengawal tahanan dan Gayus pun membenarkan hal tersebut," kata dia.

Mengenai petugas kepolisian yang saat itu ikut mengawal Gayus, dirinya mengatakan bukan kewenangan dari Kemenkumham Jawa Barat untuk menentukan sanksi.

"Untuk petugas polisi kita tetap mintai keterangan, namun bukan pemeriksaan karena kita tidak berwenang. Yang kita
tangani dan ditegaskan yaitu dua pengawal tahanan. Sanksinya bukan pemecatan," pungkas dia.

Sebelumnya, beredar di media sosial foto terpidana kasus penggelapan pajak Gayus Halomoan Tambunan sedang makan di restoran bersama dua orang wanita. Kemenkumham Jawa Barat menjelaskan bahwa saat itu Gayus usai menghadiri sidang gugatan cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Gayus kemudian dipindahkan dari LP Sukamiskin ke LP Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.


(TTD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /