Menteri Susi Ingin Basmi 16 Kapal Pencuri Ikan

   •    06 Oktober 2015 18:00 WIB
perikanan
Menteri Susi Ingin Basmi 16 Kapal Pencuri Ikan
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan 16 kapal pencuri ikan yang telah ditangkap baru-baru ini karena diduga melakukan "illegal fishing" di kawasan perairan Indonesia untuk dapat segera ditenggelamkan.

"Tindakan penenggelaman kapal secara langsung ada di UU Perikanan," katanya di Jakarta sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (6/10/2015).

Berdasarkan UU No 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, pada Pasal 69 ayat (4) disebutkan bahwa "...penyidik dan/atau pengawas perikanan dapat melakukan tindakan khusus berupa
pembakaran dan/atau penenggelaman kapal perikanan yang berbendera asing berdasarkan bukti permulaan yang cukup." 

"Kapal-kapal yang ditangkap tersebut diketahui berasal dari Vietnam, Filipina, dan lima di antaranya berbendera Indonesia. Jumlah itu belum termasuk dengan kapal ilegal yang ditangkap Polri," kata Susi Pudjiastuti.

Dari 16 kapal, lanjut Susi, sebanyak sembilan kapal ditangkap oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP. Tujuh kapal itu diantaranya berasal dari Vietnam, dan berukuran 88-139 gross tonnage (GT).

Selain itu, ujar dia, dua kapal bendera Indonesia berukuran 11 dan 23 GT karena walaupun lebih ukurannya lebih kecil tapi dinilai tetap sama melakukan pencurian ikan. Sementara TNI AL berhasil menangkap empat kapal
asal Filipina berukuran 14-54 GT serta tiga kapal berukuran 33, 102, dan 195 GT.

Menteri Susi mengutarakan harapannya agar pada pekan depan ke-16 kapal itu dapat ditenggelamkan tanpa harus menunggu vonis pengadilan seperti sebelumnya.


(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /