Kasus Salim Kancil, 6 Tersangka Dikenai Pasal Pembunuhan Berencana

Muhammad Khoirur Rosyid    •    06 Oktober 2015 19:00 WIB
salim kancil
Kasus Salim Kancil, 6 Tersangka Dikenai Pasal Pembunuhan Berencana
Sejumlah tersangka pembunuh Salim Kancil dijaga ketat polisi. Foto: MTVN/Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Polda Jawa Timur terus menetapkan tersangka atas kasus kematian Salim Kancil. Saat ini total ada 37 orang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka dikenakan pasal berbeda. Ada yang dikenakan pasal pembunuhan, pasal pengeroyokan, dan ada yang pasal pembunuhan dan pengeroyokan. Ada juga yang dikenakan tindak pidana khusus masalah tambang ilegal.

Kepala Bidang Humas Kombes Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan sebanyak 25 tersangka telah ditahan di Polda Jatim. Selebihnya masih menjalani pemeriksaan di Polres Lumajang. Sementara dua tersangka masih anak-anak tidak ditahan.

"Total tersangka untuk kasus tindak pidana umum pembunuhan dan pengeroyokan korban Salim dan Tosan ada 24 orang. Sementara 13 orang tersangka tindak pidana khusus soal tambang pasir ilegal," ujar Argo Yuwono, di Surabaya, Selasa (6/10/2015).

Untuk kasus pembunuhan terhadap Salim Kancil total ada enam tersangka. Keenamnya diduga pembunuh Salim dan dikenakan pasal pembunuhan berencana. "Semuanya sudah kami proses. Ditunggu saja perkembangan selanjutnya," ujar Argo.

Aktivis Forum Petani Anti-Tambang, Salim alias Kancil, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan, Sabtu, 26 September. Warga asal Desa Selo Awar, Pasirian, Lumajang, ini ditemukan tak bernyawa dalam keadaan tangan terikat dan sekujur tubuhnya penuh luka bacokan.

Kuat dugaan, Salim dibunuh karena akan menggelar demonstrasi menolak praktik penambangan pasir di desa itu. Nahas, sebelum menyatakan pendapatnya bersama ratusan petani lain, Salim lebih dulu ditemukan tak bernyawa.



(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /