Pilkada Surabaya 2015

Teguran Diabaikan, Panwaslu Surabaya Ancam Tebar Sanksi

Amaluddin    •    06 Oktober 2015 19:35 WIB
pilkada serentak
Teguran Diabaikan, Panwaslu Surabaya Ancam Tebar Sanksi
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Surabaya, Jawa Timur, memberi peringatan keras terhadap peserta pemilihan kepala daerah Kota Surabaya karena melanggar aturan kampanye. Jika tidak dihiraukan, Panwaslu mengancam memberikan sanksi administratif kepada dua pasangan calon, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana dan Rasiyo-Lucy Kurniasari.

"Kami sudah peringatkan kedua paslon, tapi sepertinya dihiraukan," kata Ketua Panwaslu Kota Surabaya, Wahyu Hariyadi, di Surabaya, Selasa (6/10/2015).

Wahyu mengungkapkan, ada beberapa tindakan kedua pasangan yang melanggar aturan administratif. Pasangan Rasiyo-Lucy dianggap melanggar karena memasang stiker bergambar mereka di kaca belakang sejumlah angkutan umum di Kota Surabaya.

"Kami sudah peringatkan agar tim Rasiyo-Lucy segera mencopot stiker itu, tapi masih terpasang," kata Wahyu.

Pasangan Risma-Whisnu juga tak luput dari teguran. Tim pemenangan pasangan ini diketahui menggunakan Posko di Balai RW, di Jalan Kebangsren, Embong Malang, Surabaya. Panwaslu, kata Wahyu, juga telah memperingatkan agar pokso dipindahkan. "Sesuai PKPU, paslon tidak dibolehkan memakai fasilitas masyarakat," katanya.

Wahyu berharap teguran Panwaslu tidak dianggap remeh. Sebab, pelanggaran tersebuh bisa berujung pada pencoretan pasangan sebagai peserta. Untuk itu, kata Wahyu, Panwaslu memberi tenggat waktu hingga Minggu, 10 Oktober, untuk menertibkan pelanggaran kampanye.

"Bila tidak segera dilakukan, maka kami akan mengeluarkan surat peringatan pertama. Pelanggaran administrasi ini jangan diremehkan karena juga bisa berisiko pencoretan sebagai peserta," kata dia.


(UWA)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /