Melalui Pendidikan Pelatihan, Tangsel Gandeng Masyarakat Entaskan Kemiskinan

Lukman Diah Sari    •    06 Oktober 2015 19:58 WIB
Melalui Pendidikan Pelatihan, Tangsel Gandeng Masyarakat Entaskan Kemiskinan
Wakil Wali Kota Benjamin Davnie (kanan) dan Wali Kota Airin Rachmy Diamy (kiri)--Foto: MTVN/Arga Sumantr

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sedang fokus dalam program pembangunan ke wilayah, untuk mengentaskan kemiskinan di Tangsel.

Dalam program tersebut, Pemkot Tangsel bakal langsung menggandeng masyarkat untuk turut melakukan pembangunan.

"Pesertanya yang turut melakukan pembangunan, adalah warga yang mendaftar di program itu dan di wilayah tersebut," ujar Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie kepada Metrotvnews.com, Selasa (6/10/2015).

Benyamin mengatakan, dalam satu wilayah akan difokuskan pembangunannya. Dia mencontohkan, pembangunan jalan, budaya, pendidikan, dan keterampilan. "Banyak juga pembangunan lainnya, tergantung permintaan di wilayah itu," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Bang Ben itu mengungkap, pembangunan tersebut diserahkan langsung ke warga sekitar dengan dibantu para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing dinas yang bersangkutan.

"Kalau tekanannya ada di sektor ekonomi. Nanti kita berikan pelatihan dan pendidikan melalui Dinas Koperasi dan UMKM," bebernya.

Sementara itu, ada pula pelatihan keterampilan untuk para remaja seperti servis telepon selular dan otomotif. Itu dilakukan, demi pembangunan masyarakat agar mandiri dan bisa mengeluarkan mereka dari jurang kemiskinan. "Tapi intinya, tergantung permintaan di wilayah itu saja. Kita bebaskan masyarakat memilih dan meinta," ungkapnya.

Untuk memudahkan program tersebut, seluruh dinas di Pemkot Tangsel disiagakan untuk melakukan peragam pelatihan dan pembangunan. "Misal terkait jalan, ada Dinas Bina Marga. Atau Dinas Tata Kota untuk penataan kawasan lingkungan dan lainnya," tukas dia.

Kelak program pembangunan guna pengentasan kemiskinan itu, bakal bersinergi dengan dinas dan instansi terkait demi percepatan pembangunan wilayah. Setiap tahunnya, Benyamin mengungkap dilakukan pembangunan terhadap lima sampai tujuh wilayah.

"Dalam 1 pelatihan, tergabung dari dua sampai 4 kelurahan. Itu digabung. Tapi pada intinya, program ini untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di wilayah itu," tutup dia.
(AZF)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /