Menko Maritim Berencana Bangun Kawasan Ekonomi Hijau

Gervin Nathaniel Purba    •    07 Oktober 2015 12:55 WIB
investasi hijaukemenko maritim ads
Menko Maritim Berencana Bangun Kawasan Ekonomi Hijau
Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan ingin membangun kawasan ekonomi hijau atau green economy zone di Indonesia. Nantinya kawasan ini digunakan untuk produk turunan dari kelapa sawit atau crude palm oil (CPO).

Rizal mengaku telah mengincar beberapa wilayah yang dapat dijadikan sebagai kawasan green economy zone seperti Kalimantan Timur (Kaltim). Namun dirinya masih akan mengkaji lagi mana wilayah cocok.

"Ada beberapa tempat yang kita kaji seperti di Kaltim. Kita bikin produk-produk CPO turunan seperti oleochemicals kelapa sawit nilai tambah 10 kali. Kalau dibikin jadi bahan baku margarin dan kosmetik nilai tambah 10 kali," ungkap Rizal Ramli dalam memberikan sambutan dalam sebuah diskusi dengan Alumni Ikatan Teknik Kimia Undip di Djakarta Theatre XXI, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Rencana selanjutnya, dalam kawasan green economy zone ini, produk CPO akan dikembangkan sebagai campuran bagi BBM jenis premium. Nantinya hasil campuran itu akan memberikan nilai tambah 10 kali hingga 15 kali.

"Kalau dibikin biofuel generasi kedua, yang lebih tinggi, ini bisa bisa campur dengan premium. Ini nilai tambahnya 10-15 kali," ungkap dia.

Dirinya menambahkan, produk turunan CPO bisa menjadi pengganti bahan bakar pesawat terbang (avtur). Menurutnya, jika CPO ini diolah menjadi pengganti avtur, kualitasnya akan lebih bagus dari avtur yang berasal dari fosil.

"Kita bisa bikin bahan bakar pesawat yang lebih baik dari avtur. Nilai tambahnya bisa 15 kali hingga 20 jali. Kalau ini berhasil dikembangkan, dalam 5-10 tahun kita bisa menjadi penghasil bioavtur terbesar di dunia," jelasnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /