Menko Rizal Keluhkan Ada Pejabat Tergoda Tawaran Asing

Gervin Nathaniel Purba    •    07 Oktober 2015 14:32 WIB
pertambangankemenko maritim ads
Menko Rizal Keluhkan Ada Pejabat Tergoda Tawaran Asing
Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan ada pejabat yang tergoda oleh tawaran asing dan menginginkan agar kontrak karya milik asing yang akan habis bisa segera diperpanjang. Perpanjangan kontrak tersebut berkaitan dengan izin pertambangan di Tanah Air.

Dalam hal ini, Rizal mengaku kecewa atas perilaku pejabat yang ingin mempercepat proses perpanjangan. Padahal, proses perpanjangan itu bisa dinegosiasikan dua tahun sebelum kontrak habis sehingga tidak ada salahnya mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

"Lima sampai 10 tahun banyak kontrak karya yang habis. Dalam aturan bisa dinegosiasikan dua tahun sebelum kontrak habis. Tetapi ada pejabat yang keblinger yang mau mempercepat negosiasi kontrak karya. Saya kecewa karena ini mau dipercepat," keluh Rizal, dalam sebuah diskusi, dengan Alumni Ikatan Teknik Kimia Undip, di Djakarta Theatre XXI, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Rizal menjelaskan, pejabat tersebut tergoda dengan berbagai macam tawaran pihak asing yang dinilai menguntungkan kepentingan pribadi bukan kepentingan masyarakat. Tentunya hal ini merugikan bagi bangsa.

"Pejabat ini dilobi oleh kepentingan asing, karenanya kontrak ini malah ingin dipercepat. Ini tidak berpihak pada kepentingan masyarakat," jelas Rizal.

Padahal, lanjut Rizal, dengan habisnya kontrak perusahaan pertambangan asing di Indonesia maka hal ini akan menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengambil alih lapangan tempat sumber-sumber daya alam dari tangan asing.

Apalagi, masih kata Rizal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memiliki prinsip agar lokasi sumber daya tambang itu diperuntukan bagi kepentingan bangsa. Bukan dikendalikan oleh perusahaan-perusahaan asing yang sebenarnya hanya bertindak sebagai kontraktor.

"Kita bisa menulis ulang sejarah. Kesempatan kita untuk merumuskan strategi baru cadangan sumber daya alam ini untuk kesejahteraan masyarakat," tegas Menko Maritim itu.


(ABD)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /