Usia KPK Dibatasi 12 Tahun, Desmond: Terjangkau Tidak?

Githa Farahdina    •    07 Oktober 2015 15:24 WIB
revisi uu kpk
Usia KPK Dibatasi 12 Tahun, Desmond: Terjangkau Tidak?
Desmon Mahesa---MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Draf revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi yang diiniasi DPR membatasi usia lembaga antirasywah hanya 12 tahun. Usia itu dihitung setelah UU tersebut disahkan. Usulan itu megundang tanya.

Desmond J. Mahesa, Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, salah satunya. "12 tahun ini terjangkau tidak?," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Terjangkau atau tidak yang dimaksud Desmond adalah apakah Indonesia bisa benar-benar bersih dari korupsi dalam waktu 12 tahun ke depan. Sebab, dasar berpikir perubahan UU KPK adalah kinerja lembaga antirasywah itu saat ini.

"Apa yang terjadi dengan KPK di masa depan, ya kan. Yang jadi soal adalah selalu itu kapan ke masa depannya kan tidak jelas. Pada waktu dibikin KPK ini kan ada persoalan Kejaksaan dan Kepolisian tidak beres, nongolah UU ini (UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK)," terang Ketua DPP Gerindra ini.

Persoalan saat ini, kata Desmond, kapan zero corruption bisa tercipta? Desmond sangsi korupsi bisa diberantas dalam masa sesingkat itu. "Kalau ada pembatasan 12 tahun, itu cukup enggak untuk zero corruption misalnya? Kan tidak sesederhana itu," tukasnya.

Menurut Desmond, parameter pengukuran waktu pemberantasan tak sesederhana itu. Dia mempertanyakan apakah penindakan terhadap koruptor membawa efek jera dan dari mana dimulainya pencegahan korupsi seperti yang diinginkan revisi tersebut.

"Ada enggak sekian lama ini contoh untuk ada depertemen atau lembaga yang berdasarkan masukan KPK bolong-bolong untuk celah korupsi itu enggak ada. Kan enggak ada parameternya. Apakah 12 tahun itu rasional atau tidak kan ini kita harus kaji," tegas dia.

Wacana revisi UU KPK kembali menghangat. Revisi itu diusulkan enam fraksi, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKB, Fraksi PPP, Fraksi Partai NasDem, dan Fraksi Hanura. Pengusul terbanyak dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni 15 anggota, diikuti NasDem 12 anggota, Golkar sembilan anggota, PPP lima anggota, dan Hanura tiga anggota.

Salah satu tema yang diangkat adalah pembatasan waktu kerja buat KPK, yang dibatasi 12 tahun setelah UU tersebut diundangkan. Kemudian, soal pencabutan kewenangan pemberantasan korupsi yang diganti menjadi pencegahan.


(TII)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /