Review Keyboard

Ducky Channel Shine 4 Cherry MX Brown, Nyaman Tapi Minim Fitur

Riandanu Madi Utomo    •    07 Oktober 2015 19:24 WIB
review peripheral
Ducky Channel Shine 4 Cherry MX Brown, Nyaman Tapi Minim Fitur
Tampilan Ducky Channel Shine 4 yang menggunakan switch Cherry MX Brown

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda adalah seorang gamer PC, apa yang menjadi pertimbangan Anda ketika membeli sebuah keyboard gaming? Model dan desainnya? Lampunya? Kenyamanan? Atau mungkin mereknya?

Kami yakin Anda memiliki selera sendiri dalam menentukan pilihan. Sama halnya dengan Anda, kami pun memilki selera sendiri dan selera kami adalah mengutamakan fungsi dan kenyamanan di atas segalanya.

Ketika memilih sebuah keyboard gaming, kami lebih memilih keyboard yang nyaman digunakan dan memiliki fitur penunjang yang lengkap. Fitur penunjang tersebut meliputi tombol makro, backlight dan fitur personalisasi lainnya. Sementara untuk kenyamanan, kami lebih suka menggunakan keyboard yang "ramah" untuk mengetik sekaligus bermain game.



Lalu, bagaimana dengan keyboard Ducky Channel Shine 4 yang kami ulas di artikel ini? Selama kami menggunakan keyboard ini, kami memang telah cukup banyak bereksperimen sekaligus mengenal sisi plus minus dari keyboard mekanikal yang menggunakan switch Cherry MX Brown ini.

Dari segi kenyamanan, harus diakui bahwa keyboard ini tergolong sangat nyaman digunakan. Tombolnya memiliki tingkat respons yang pas dan tidak terlalu keras atau terlalu empuk ketika ditekan. Hal tersebut membuatnya nyaman saat digunakan untuk mengetik maupun bermain game.

Meskipun tidak hadir dengan palm rest, keyboard ini memiliki ketinggian yang pas dan telah dilengkapi dengan kaki tambahan yang dapat dilepas untuk bagian belakangnya, agar posisinya sedikit miring dan nyaman untuk digunakan.



Selain itu, Ducky Channel Shine 4 juga memiliki bodi dengan desain yang simpel. Kombinasi warna putih pada bodinya, serta warna merah pada backlight-nya menampilkan nuansa garang sekaligus elegan. Ducky Channel juga menghadirkan empat keycaps tambahan pada paket penjualannya agar Anda dapat mengganti warna keycaps dari empat tombol utama para gamer, yaitu A,S,D, dan W.

Terakhir untuk fiturnya. sangat disayangkan memang bahwa Ducky Channel Shine 4 ini tidak dilengkapi dengan berbagai fitur layaknya para kompetitornya. Keyboard ini tidak dilengkapi dengan software khusus. Untuk menggunakannya, Anda memang tinggal menghubungkannya ke PC dan ia dapat langsung digunakan. Karena tidak memiliki software khusus, semua pengaturannya hanya dapat dilakukan melalui kombinasi tombol yang ada di keyboard.



Misalnya, untuk mengganti warna lampu backlight, mode tampilannya, serta tingkat kecerahannya, Anda harus menekan tombol Fn dengan F9 atau F10. Begitupun fungsi-fungsi lainnya yang ada di keyboard ini.

Berbeda dengan keyboard gaming pada umumnya, keyboard ini justru tidak memiliki fitur khas gaming, yaitu tombol makro. Dalam panduannya (yang kami temukan di situs resminya), keyboard ini tidak terlihat memiliki fitur makro. Yang ada hanyalah fitur USB Repeat Acceleration yang berfungsi untuk mengatur repeat rate serta delay rate dari keyboard.

Pengaturan semacam ini memang memudahkan pengguna dari satu sisi karena Anda tidak harus memasang aplikasi tambahan untuk menggunakan seluruh fiturnya.

Namun bagi mereka yang terbiasa dengan pengaturan berbasiskan software yang memiliki antarmuka grafis (GUI), tipe pengaturan semacam ini akan sangat menyulitkan.



Kesimpulan

Ducky Channel Shine 4 yang kami jajal kali ini sangat nyaman digunakan. Kombinasi switch Cherry MX Brown dengan kontur keyboard-nya membuat kegiatan mengetik dan bermain game terasa sangat nyaman.

Sayang nilai plus tersebut harus pudar oleh kurangnya fitur tambahan. Untungnya, banderol harganya masih dapat bersaing dengan para kompetitornya.


(ABE)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /