Ini Spesifikasi Jet Canggih F-16V yang Dibawa ke Jakarta

Willy Haryono    •    08 Oktober 2015 11:33 WIB
indonesia-as
Ini Spesifikasi Jet Canggih F-16V yang Dibawa ke Jakarta
Presentasi pesawat jet tempur F-16V oleh perusahaan Lockheed Martin asal AS di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (7/10/2015). (Foto: MTVN / Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan teknologi militer Lockheed Martin memperkenalkan produk militer terbaru dan tercanggihnya saat ini: F-16 Viper. F-16 Viper atau F-16V merupakan versi terbaru dari F-16. Jet ini sudah dilengkapi radar AESA APG-83 SABR.

Radar ini mampu mendeteksi dan membidik 20 sasaran sekaligus. Selain itu, sesuai standar pesawat generasi 4++, Viper juga dilengkapi avionik canggih dan modular, serta dilengkapi data link, helm pintar dan teknologi canggih lain.

Viper juga dilengkapi automatic ground collision avoidance system. Ini adalah sistem pencegah benturan dengan permukaan, seandainya karena satu dan lain hal, pilot kehilangan kendali dan menukik tajam, maka pesawat bisa secara otomatis menanjak dan menghindari benturan. 

F-16V pertama kali diproduksi General Dinamics, sebelum akhirnya diakuisisi Lockheed Martin. Dengan rekor penjualan sekitar 4.500 unit, berbagai tipe dan varian F-16 Fighting Falcon menjadi pesawat tempur paling laris saat ini.

Biaya operasional F-16V diklaim lebih ekonomis dibanding jet sejenis.

"Kami memastikan setiap yang membeli F-16V akan mendapat satu paket, kami tidak hanya menjual pesawat, tapi kami memberikan 'paket komplet' yaitu berupa pelatihan untuk para pilot, perawatan dan pemberian suku cadang selama tiga tahun, karena kami ingin memastikan kalian dapat menerbangkannya dengan baik," ujar Robie Notestine, Director International Business Development Asia Pasific dari Lockheed Martin di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Lantas, berapa harga F-16V?

"Saya belum tahu harga pastinya, tetapi yang jelas di bawah 100 juta USD," kata Randy Howard, Director Business Development F-16 dari Lockheed Martin.

Tidak hanya mengenalkan, perusahaan asal Amerika Serikat ini juga menawarkan sensasi menjadi pilot lewat simulator kokpit F-16V di Jakarta. 

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Blake sempat mencoba simulator F-16V.

Dalam acara bertajuk "Earn Your Wings! Be an F-16 Pilot For a Day," AS juga menyebut kerja sama militer Negeri Paman Sam dengan TNI terjalin dengan baik. 

"Kami senantiasa membantu memodernisasi persenjataan TNI dan memberikan pelatihan militer secara langsung," ujar Dubes Blake. (Nabila Gita)


(WIL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /