Menperin: Kemudahan Investasi Percepat Pengembangan Industri

Husen Miftahudin    •    08 Oktober 2015 11:40 WIB
investasi
Menperin: Kemudahan Investasi Percepat Pengembangan Industri
Menperin Saleh Husin. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan deregulasi kebijakan ekonomi membuat dia optimistis dapat mengalirkan investasi dan mampu menggerakkan aktivitas industri. Investasi ke sektor industri pengolahan minyak dan gas bumi (migas) juga mendorong efek berantai kepada pembangunan daerah dan infrastruktur serta menciptakan lapangan pekerjaan.

"Pemerintah pasti selalu mendukung kemudahan dalam penanaman modal karena berdampak langsung ke pengembangan industri. Semua regulasi atau peraturan-peraturan yang menghambat akan dihapus, dicabut, direvisi atau dikaji lagi," papar dia dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Keyakinan Saleh tersebut didorong karena adanya pertumbuhan industri non migas pada triwulan II-2015 sebesar 5,27 persen. Pada September lalu sendiri pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan yang mempersingkat waktu pengurusan izin investasi di kawasan industri yang hanya tiga jam.

"Selain itu, pengurusan tax allowance yang semula diselesaikan maksimal 28 hari menjadi 25 hari. Sedangkan pengurusan tax holiday diselesaikan maksimal 45 hari. Pemerintah juga menerbitkan PP 69 Tahun 2015 yang membebaskan impor alat angkut kereta api, galangan kapal, pesawat termasuk suku cadangnya dari PPN," paparnya.

Seperti diketahui, investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada triwulan II-2015 mencapai Rp25,56 triliun atau tumbuh sebesar 111,83 persen. Sedangkan investasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar USD2,51 miliar sehingga nilai total investasi yang masuk pada triwulan II pada 2015 mencapai USD5,07 miliar.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

20 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /