Indriyanto Percaya Presiden akan Tolak Revisi UU KPK

Yogi Bayu Aji    •    08 Oktober 2015 12:17 WIB
revisi uu kpk
Indriyanto Percaya Presiden akan Tolak Revisi UU KPK
Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi S.P.----MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji percaya Presiden Joko Widodo bakal menolak revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Dia yakin, Jokowi tak akan membiarkan lembaga antikorupsi dilemahkan.

"Presiden, melalui Menteri Sekretariat Negara Pratikno, sudah menegaskan bahwa Presiden menolak revisi ini," kata Indriyanto kepada Metrotvnews.com, Kamis (8/10/2015).

Indriyanto tak berkomentar saat disinggung apakah pimpinan KPK akan menyurati Jokowi terkait pemnbatalan revisi. Menurut lelaki yang kerap disapa Prof. Anto itu, KPK masih memantau kondisi saat ini.

Meski begitu, Indriyanto menegaskan, KPK akan menolak bila revisi yang bisa 'membunuh' lembaga antikorupsi secara perlahan ini diterapkan. KPK siap melawan.

"KPK siapkan langkah hukum apabila RUU Revisi disahkan," tegas dia.

DPR diketahui sedang menggodok draft revisi Undang-Undang KPK yang isinya menimbulkan kontroversi. Pasal-pasal di dalam disebut dapat melemahkan lembaga yang kini dipimpin Taufiequrachman Ruki Cs.

Pasal 5 contohnya, DPR menyatakan KPK dibentuk untuk masa waktu 12 tahun semenjak UU baru diterbitkan. KPK juga hanya bisa mengusut kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara minimal Rp50 miliar seperti tercantum dalam Pasal 13 draft revisi UU KPK.

Revisi UU KPK ini merupakan usulan enam fraksi  yaitu, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, dan Fraksi Hanura. Rancangan RUU KPK itu disampaikan saat rapat Badan Legislasi DPR, pada Selasa 6 Oktober 2015 kemarin.


(TII)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /