Toilet di Bandara Soekarno-Hatta Diklaim Standar Dunia

Tri Kurniawan    •    08 Oktober 2015 17:32 WIB
bandara soekarno-hatta
Toilet di Bandara Soekarno-Hatta Diklaim Standar Dunia
Toilet di Terminal 2F, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat 3 September 2010. Antara Foto/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Tangerang: Toilet di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dinilai memenuhi standar dunia kriteria higienitas. Kementerian Pariwisata mengganjar penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2015 di bandara.

"Seluruh kelengkapan higienitas disediakan di Bandara Soekarno-Hatta. Dari segi sensor wastafel pun dipenuhi Bandara Soekarno-Hatta dalam memenuhi pelayanan turis lokal maupun dunia," kata Ketua Asosiasi Toilet Indonesia Naning Adiwoso, Kamis (8/10/2015).

Naning termasuk juri dalam acara itu. Ia mengatakan, Bandara tersibuk di Indonesia itu mampu memenuhi standar bersih. "Bersih itu menjadi kekuatan pariwisata Indonesia, apalagi healthy building sangat difokuskan untuk menuju 2020," ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan toilet bersih di bandara menciptakan citra positif destinasi dan menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global.

Indonesia saat ini berada pada ranking 50 dunia dalam hal daya saing pariwisata menurut World Economic Forum (WEF). Ditargetkan, Indonesia masuk ranking 30 dunia dalam lima tahun ke depan.

"Untuk meningkatkan daya saing global tersebut ada tiga faktor yang menjadi kelemahan, yakni tourism service infrastructure, health and hygiene, dan environmental sustainability yang harus segera diperbaiki," kata Arief.

Dia menambahkan, tiga faktor dengan indeks daya saing yang masih rendah di Indonesia di antaranya kesehatan dan higienitas. (Antara)


(TRK)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /