OJK Dorong Pemberdayaan LPEI

Eko Nordiansyah    •    08 Oktober 2015 17:34 WIB
ojk
OJK Dorong Pemberdayaan LPEI
Ilustrasi OJK -- ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong penguatan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk mempercepat laju pertumbuhan perdagangan luar negeri Indonesia dan meningkatkan daya saing pelaku bisnis.

"Diperlukan LPEI yang lebih fleksibel dalam melakukan kegiatan usahanya, sehingga diperlukan deregulasi peraturan LPEI, yang tidak mengacu kepada industri perbankan dan lehih pro kepada UMKM," ujar Deputi Komisioner Pengawas IKNB 2 OJK, Dumoli F. Pardede, di Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2015).

Oleh karena itu, OJK mengeluarkan kebijakan yang bersifat relaksasi atas beberapa prudential regulation bagi LPEI, di antarnya penghapusan ketentuan batas modal minimum, penambahan pengaturan financing aset ratio, dan mendorong pembiayaan UMKM.

"OJK tidak akan mengatur mengenai batas modal minimum yang haris dimiliki LPEI agar LPEI lebih leluasa dalam pelaksanaan tugasnya mendorong pelaku usaha yang berorientasi ekspor. Namun, OJK akan menambah aturan gearing ratio yang lebih sesuai karakteristik LPEI sebagai lembaga pembiayaan ekspor," jelasnya.

Sedangkan untuk batas minimum portofolio pembiayaan yang dilakukan oleh LPEI akan dibandingkan dengan total aset yang dimiliki. Serta OJK akan menambah aturan mengenai batasan minimum penyaluran pembiayaan oleh LPEI kepada UMKM.

"Sehingga dapat lebih mengoptimalkan peran LPEI dalam mendorong dan mengembangkan UMKM yang berorientasi ekspor," pungkas dia.


(AHL)

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang
Jelang Qarabag vs Chelsea

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang

1 hour Ago

Chelsea tak akan bisa memainkan empat pemain saat bertamu ke Baku Olympic Stadium, markas Qarab…

BERITA LAINNYA
Video /