Realiasi PPh Orang Pribadi & Badan Meningkat karena Gijzeling

Suci Sedya Utami    •    08 Oktober 2015 18:29 WIB
pajak
Realiasi PPh Orang Pribadi & Badan Meningkat karena <i>Gijzeling</i>
illustrasi. ANT/Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengklaim penerimaan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Mekar Satria Utama menyebutkan peningkatan PPh orang pribadi sebesar 29 persen dibandingkan September 2014.

Toto, sapaan akrabnya mengatakan, hingga akhir September 2015, penerimaan PPh orang pribadi mencapai 89 persen dari target. Targetnya sendiri untuk tahun ini dibuat meningkat 10 persen ketimbang capaian 2014.

Menurutnya, peningkatan ini dilatarbelakangi karena upaya DJP yang serius dalam menegakkan hukum dan tidak tanggung-tanggung untuk melakukan penyanderaan (gijzeling) pada para pengemplang pajak sehingga membuat mereka takut dan akhirnya sadar untuk memenuhi kewajiban terhadap negara.

"Gencarnya pemberitaan tentang upaya penegakkan hukum yang dilakukan DJP termasuk gijzeling membuat peningkatan," kata Toto di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Namun sayangnya, meskipun meningkat, share PPh orang pribadi terhadap realisasi penerimaan PPh non migas secara keseluruhan hanya 1 persen. Sementara PPh nonmigas hingga 30 September terkumpul Rp357,77 triliun.

Sementara itu, untuk PPh Badan, Toto mengatakan hingga akhir September mencapai 51 triliun dari target atau sekitar Rp113 triliun. Namun, realisasi tersebut pertumbuhannya hanya lima persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Perlambatan ekonomi dan depresiasi rupiah sangat mempengaruhi kinerja penerimaan PPh Badan," jelas Toto.

 


(SAW)

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang
Jelang Qarabag vs Chelsea

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang

1 hour Ago

Chelsea tak akan bisa memainkan empat pemain saat bertamu ke Baku Olympic Stadium, markas Qarab…

BERITA LAINNYA
Video /