Fadli Zon Pimpin Organisasi Dunia Parlemen Anti Korupsi

Taufik Rahman    •    08 Oktober 2015 19:03 WIB
dprdpr ads
Fadli Zon Pimpin Organisasi Dunia Parlemen Anti Korupsi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, terpilih menjadi Ketua GOPAC (Global Organization for Parliamentarians Against Corruption). Politikus muda Partai Gerindra ini menjadi WNI pertama yang memimpin organisasi dunia parlemen anti korupsi.

Fadli Zon menggantikan Ricardo Garcia Cervantes dari Meksiko. Susunan kepengurusan baru GOPAC adalah Wakil Ketua Paula Berto dari Amerika Latin dan Osei Kyei-Mensah-Bonsu dari Ghana, Sekretaris GOPAC Oceania, John High dari Australia dan bendaharanya dari Karibia.

Terpilihnya Fadli Zon disetujui secara aklamasi dalam penutupan konferensi GOPAC, Kamis (8/10/2015) di Yogyakarta. Sebelumnya Fadli Zon merupakan kandidat tunggal dari SEAPAC (Southeast Asia Parliamentarians Against Corruption). 

Dia bersaing dengan kandidat dari regional lainnya yaitu John Hyde, politisi senior dari Australia dan juga Osei Kyei Mensah Bonsu dari Ghana. Fadli terpilih sebagai Presiden GOPAC melalui sidang board meeting yang dihadiri oleh perwakilan benua Afrika, Arab, Latin Amerika, South Asia, Oceania Karibia, North America. 

“Saya melihat ini adalah kerja berat. Pertama menyangkut reputasi internasional GOPAC yang sudah cukup bagus, standingnya di dunia internasional dan kesempatan pertama bagi orang Indonesia, buat saya ini suatu amanah yang berat karena menyangkut nama baik dan standing position dalam pemberantasan korupsi itu sendiri,” kata Fadli.

Selain itu, dengan jabatan ini, dirinya juga mendorong anggota DPR RI untuk lebih berkiprah di dunia internasioanl. “Sudah disepakati ini kerja bersama dan kami akan buat kantor perwakilan GOPAC di DPR sehingga jadi standing encourage bagi anggota DPR RI untuk lebih banyak masuk ke GOPAC,” kata Fadli Zon.

Untuk bisa menjadi calon Ketua GOPAC, terlebih dulu seseorang harus dicalonkan di negaranya sendiri atau nasional chapter, kemudian ke regional chapter. Pengusulan itu harus ditandatangani oleh masing-masing regional chapter seluruh benua dan minimal ditandatangani oleh 3 negara sebagai syarat dukungan pencalonan.
 


(LHE)

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda
Jelang Thailand vs Indonesia

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda

2 hours Ago

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia…

BERITA LAINNYA
Video /