Pelabuhan Cirebon Bantah Tak Cegah Polusi Debu Batu Bara

Ahmad Rofahan    •    08 Oktober 2015 19:21 WIB
batu bara
Pelabuhan Cirebon Bantah Tak Cegah Polusi Debu Batu Bara
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon, Akhriadi. MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews. com, Cirebon : Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon, Akhriadi, membantah pihaknya tidak berupaya mencegah penyebaran debu dari proses bongkar muat batu bara. Menurut dia, pihaknya selalu menyiram batu bara sebelum proses bongkar muat agar debu tidak menyebar dan menyebabkan polusi udara.

"Tidak benar jika kami tidak menyiram batu bara sebelum dibongkar. Kita melakukan penyiraman terlebih dahulu, agar debu tidak menyebar," kata Akhriadi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/10/2015).

Selain menyiram, upaya lain yang dilakukan KSOP adalah membangun penahan debu setinggi 14 meter. Akhriadi mengklaim, biaya untuk membangun penahan debu itu memakan biaya empat miliar rupiah.

"Belum semuanya (penahan debu) terbangun, tapi nanti seluruh wilayah pelabuhan yang berbatasan dengan masyarakat akan dibangun penahan," ujar dia.

Akhriadi menambahkan, KSOP juga terus berusaha meminimalisir persebaran debu melalui program penghijauan.

"Kami juga melakukan penanaman pohon. Jadi, kami tidak tinggal diam dalam masalah polusi debu ini," kata Akhriadi.

Sebelumnya, Ketua Divisi Advokasi Tambang dan Energi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat, Dwi Sawung, mengatakan kondisi udara di Kota Cirebon sudah masuk level bahaya. Kesimpulan tersebut muncul setelah Walhi Jabar melakukan kunjungan ke tempat bongkar muat dan permukiman masyarakat yang terkena dampak debu batu bara.

"Debu batu bara yang dihasilkan dari aktivitas bongkar muat, dengan mata telanjang bisa terlihat. Ini sangat membahayakan. Hingga jarak dua kilometer masih terdampak dan masuk level bahaya,” kata Sawung, baru-baru ini.


(SBH)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /