Bayern Munchen Juara Piala Super Eropa

- 31 Agustus 2013 05:21 wib
Reuters/David W Cerny/vg
Reuters/David W Cerny/vg

Metrotvnews.com: Bayern Munchen menyamakan kedudukan 2-2 di menit terakhir babak perpanjangan waktu dan mengalahkan Chelsea melalui adu penalti.

Pada babak pertama, Chelsea berhasil menjebol gawang Munchen di menit kedelapan. Fernando Torres menjawab kepercayaan Jose Mourinho. Gol bermula dari aksi Eden Hazard di lapangan tengah, bola kemudian dikuasai Andre Schurlle di sisi kiri pertahanan Bayern. Mendapat sodoran sempurna, Torres dengan mudah menaklukkan Neuer.

Peluang terbaik Bayern di babak pertama hadir pada menit 37. Namun sayang tembakan Thomas Muller dari sisi kiri kotak penalti menghantam tiang gawang dan keunggulan Chelsea bisa bertahan hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua, ketenangan yang diperlihatkan Jose Mourinho di babak pertama ternyata tidak berlanjut. Karena Munchen bisa menyamakan kedudukan sesaat setelah paruh kedua bergulir.

Pemain Terbaik UEFA, Frank Ribery menghadirkan pembuktian pantas menyandang predikat tersebut dengan menjebol gawang Petr Cech. Di menit 47, Mendapat umpan dari Kross, pemain timnas Prancis ini melepaskan tendangan terarah ke pojok kanan gawang.

Masalah bagi Chelsea hadir pada menit 85 saat Ramires diusir wasit karena mendapat kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain di lima menit tersisa gagal dimanfaatkan Bayern untuk menciptakan kemenangan dramatis dan laga pun harus berlanjut ke extra-time.

Di extra time pertama, bermain dengan sepuluh orang, Chelsea kembali unggul terlebih dahulu atas Bayern di awal paruh pertama babak tambahan waktu.  Pada menit 93 Eden Hazard menerobos di dekat kotak penalti menembus benteng pertahanan Bayern dan sukses menaklukkan Cech.

Namun, di extra time kedua, serangan bergelombang Bayern tak berhenti. Alhasil, jelang pertandingan berakhir, Bayern mendapat kesempatan melalui set-piece tendangan bebas persis dekat kotak penalti setelah Alaba dijatuhkan Lampard tetapi eksekusi Ribery bisa dijinakkan Cech.

Ketika kemenangan sudah di depan mata Chelsea, drama terjadi. Javi Martinez yang sebelumnya disebut Guardiola hanya bisa bermain selama sepuluh menit justru bisa memperpanjang nafas Bayern. Tendangan terakhir tim Bavaria dilakukan Martinez di dalam kotak penalti dan diarahkan ke pojok gawang hingga membuat Cech tak berdaya. Laga dilanjutkan ke adu penalti untuk menentukan pemenang.

Pada adu penalti, lima penendang Munchen (Alaba, Kross, Lahm, Ribery, Shaqiri) berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Sementara sepakan Romelu Lukaku yang menjadi penendang terakhir Chelsea bisa digagalkan Neuer dan Bayern pun berhasil membawa pulang Piala Super Eropa.

Starting XI Bayern Munich: Neuer; Rafinha, Boateng, Dante, Alaba; Kroos, Lahm;  Ribery, Muller, Robben; Mandzukic.
Subs: Starke, Van Buyten, Martinez, Shaqiri, Pizarro, Gotze, Contento.

Starting XI Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Luiz, Cole; Ramires, Lampard; Oscar, Hazard, Schurrle; Torres.
Subs: Schwarzer, Azpilicueta, JT, Essien, Mikel, Mata, Lukaku.(Goal)

()

INGGRIS
CHAMPIONS

Mata Najwa: Babak Baru Indonesia (6)

23 Juli 2014 23:23 wib

Mata Najwa, Rabu (23/07/2014): di Mata Najwa kali ini dengan tema 'Babak Baru Indonesia', hadir di Mata Najwa yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pakar hukum tata negara, Zaenal Arifin Mochtar. Direktur eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla