Saat Krisis, UMKM Lebih Unggul dari Usaha Besar

   •    09 Oktober 2015 14:19 WIB
umkm
Saat Krisis, UMKM Lebih Unggul dari Usaha Besar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Rene Hosang mengatakan UMKM masih lebih unggul jika dibandingkan dengan usaha besar karena mampu bertahan di saat krisis sekalipun.

"UMKM di Sulut akan lebih ditingkatkan lagi kualitas maupun kuantitas sehingga mampu bertahan dalam situasi apapun," jelas Rene, seperti dikutip Antara, di Manado, Jumat (9/10/2015).

Rene mengatakan, inovasi teknologi bagi UMKM akan mudah dilakukan dalam upaya pengembangan produk. Dalam hal ini, hubungan kemanusiaan yang terjalin dalam usaha kecil akan ditingkatkan lagi, sehingga terjalin sinergitas. 

"UMKM memiliki kemampuan menciptakan kesempatan kerja cukup banyak atau penyerapan tenaga kerja cukup tinggi. Serta memiliki fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat dan memiliki manajerial yang dinamis," ungkapnya. 

Namun, dia tidak menampik UMKM masih memiliki beberapa hambatan yakni model akses keuangan yang lemah, keengganan bank dalam melayani sektor UMKM, citra buruk UMKM di mata perbankan, kurangnya pengetahuan perbankan akan UMKM, tidak ada institusi penjamin kredit UMKM, dan kurangnya aset sebagai jaminan kredit UMKM.

"Sehingga, pemerintah terus meyakinkan perbankan di Sulut agar memberikan porsi yang cukup besar kepada sektor UMKM agar makin maju dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," pungkasnya.



(ABD)