Rupiah Perkasa, Menko: Saatnya Dunia Usaha Bangkit

Suci Sedya Utami    •    09 Oktober 2015 18:26 WIB
rupiah menguat
Rupiah Perkasa, Menko: Saatnya Dunia Usaha Bangkit
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) semakin perkasa dari waktu ke waktu. Momentum penguatan nilai tukar rupiah ini perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi dunia usaha untuk membangkitkan kembali aktivitas bisnisnya.

Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution, penguatan nilai tukar rupiah yang tajam menunjukkan kecenderungan masyarakat membeli USD di pasar valuta asing (valas) semakin berkurang. Selain itu, spekulasi yang membuat rupiah tertekan pada beberapa waktu lalu sudah mulai berhenti.

"Kelihatannya ya sudah mulai berhenti, dan ini membuka kesempatan rupiah menguat lagi," jelas Darmin, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015).

Darmin berharap, dengan nilai tukar rupiah yang mengalami perbaikan akan membuka kesempatan bagi dunia usaha untuk kembali bangkit dari keterpurukan. Dalam hal ini, langkah pemerintah melalui paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan beberapa waktu lalu akan menambah kepastian bagi dunia usaha, selain karena penguatan nilai tukar rupiah.

"Jadi, apa yang kita lakukan melalui paket kebijakan atau deregulasi itu mestinya akan direspon lebih bagus untuk menjadi insentif memulai, mengaktifkan bisnisnya. Jadi, situasi ini adalah satu perkembangan bagus," pungkasnya.


(ABD)


Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah
Piala AFF 2018

Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah

1 hour Ago

Kekalahan 1-0 atas Singapura pada laga pertama cukup menjadi pecut bagi Hansamu Yama cs untuk b…

BERITA LAINNYA
Video /