#TinjuMusuhAlam, Aksi Protes Para Artis Terkait Kabut Asap

Anindya Legia Putri    •    09 Oktober 2015 18:28 WIB
#TinjuMusuhAlam, Aksi Protes Para Artis Terkait Kabut Asap
Aksi para artis mengecam kabut asap. (foto:MTVN/Anindya Legia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabut asap akibat pembakaran hutan yang terjadi di kawasan Sumatera dan Kalimantan, membuat para artis, seniman dan solidaritas Indonesia ikut prihatin dan mengecam peristiwa tersebut dengan melakukan aksi protes. Aksi yang diberi judul #TinjuMusuhAlam, dilakukan di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (9/10/2015).

Aksi tersebut dilakukan bersama dengan Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia). Beberapa artis yang ikut hadir seperti Melanie Subono, Geisha, Damian, Sara Wijayanto, serta puluhan aktivis. Aksi protes yang dilakukan sejak pukul 16.00 WIB tersebut diisi dengan orasi sebagai bentuk menyuarakan dengan lantang segala kegelisahan tentang kabut asap.

"Jadi hari ini adalah hari dimana kita berkumpul untuk kompak melawan asap. Kalau kami ditanya, secara pribadi Geisha adalah anak-anak yang berasal dari Pekanbaru, Riau. Sejak usia SD kami sudah ngerasain menghirup asap sampai usia berkepala tiga sekarang kami masih melihat berita dan korban karena asap," ungkap Momo Geisha saat melakukan orasi di Patung Kuda, Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Geisha melihat jika bencana kabut asap yang terjadi saat ini merupakan yang terparah dari sebelumnya. Mereka meminta pemerintah untuk segera bertindak secara tegas.

"Api semakin meluas ini menurut kita adalah yang terparah dari sejarah asap yang pernah kita ketahui. Dan jumlah korban-korbannya sudah enggak bisa ditolerir lagi. Geisha berharap pemerintah jangan lamban untuk segera menanggulangi masalah ini, jangan sampai kelamaan. Kami pernah merasakan memakai masker setiap hari dan berbulan-bulan. Ini enggak bisa ditoleransi lagi," tandas Momo.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Melanie Subono. "Ini masalah kita semua. Kita memiliki hak yang sama untuk hidup. Kalau kita mau, kita yang bekerja di media atau entertainment punya suara yang besar. Kalau negara lain bisa bertindak kenapa kita tidak. Jangan pernah berhenti menyuarakan ini. Kita harus lawan!" tegasnya.
(LOV)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /