WNI Hilang di Arab Saudi, Diduga Ada Keterlibatan Warga Indonesia Lain

Fajar Nugraha    •    09 Oktober 2015 18:35 WIB
wni hilang
WNI Hilang di Arab Saudi, Diduga Ada Keterlibatan Warga Indonesia Lain
Ilustrasi penculikan (Foto: Tribune Pakistan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus hilangnya warga negara Indonesia (WNI) Suparto di Arab Saudi masih terus diselidiki. Terakhir ditemukan adanya WNI lain yang turut terlibat.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal menyatakan, dalam pertemuan antara tim perlindungan WNI KBRI Riyadh dengan badan investigasi diperoleh informasi adanya sejumlah petunjuk baru mengenai kasus ini. Salah satunya adalah adanya bukti percakapan atara Parto dengan  beberapa orang WNI pasca 18 September 2015, di mana dirinya dilaporkan hilang.

"Karena itu polisi juga telah menahan beberapa orang WNI untuk dimintai informasi terkait Parto," sebut Iqbal, dalam pernyataan yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (9/10/2015).

"Sejak menerima laporan pertama kali pada 7 Oktober, KBRI sudah mengirimkan tim perlindungan WNI ke TKP, ke rumah majikan dan ke kepolisian setempat, khususnya ke badan investigasi. Selanjutnya KBRI sudah menyampaikan nota ke kemenlu setempat guna meminta akses ke badan investigasi," lanjutnya.

Selain itu tersebar kabar bahwa hilangnya Parto ada kaitan dengan aktivitas intelijen. Namun Iqbal menyebutkan petunjuk yang didapat masih terlalu minim.

"Kemarin memang petunjuk yang kita dapat masih minim. Seiring dengan semakin banyaknya petunjuk baru yang dikumpulkan polisi, kemungkinan-kemungkinan lain yang menjelaskan konstruksi kasus ini juga dengan sendirinya juga muncul," tegasnya.

Diharapkan kondisi akan semakin jelas ketika Minggu mendatang, setelah sudah ada penjelasan resmi dari Kepolisian Arab Saudi. Ini dikarenakan Jumat merupakan hari libur di Negeri Petrodolar itu.

(Baca: Seorang WNI Dikabarkan Hilang di Arab Saudi)

Sebelumnya, Menurut Wakil Dubes RI di Arab Saudi, Sunarko, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat.

Kepada Metrotvnews.com, Kamis (8/10/2015), ini bukan kasus di mana penculikan yang melibatkan meminta uang tebusan. Menurutnya ini tidak lebih dari kasus kriminal biasa.


(FJR)


Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah
Piala AFF 2018

Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah

2 hours Ago

Kekalahan 1-0 atas Singapura pada laga pertama cukup menjadi pecut bagi Hansamu Yama cs untuk b…

BERITA LAINNYA
Video /