Pilkada Bantul

Berkas Penganiayaan Panwascam Sanden Dilimpahkan ke Jaksa

Ahmad Mustaqim    •    09 Oktober 2015 18:42 WIB
pilkada serentak
Berkas Penganiayaan Panwascam Sanden Dilimpahkan ke Jaksa
Ilustrasi. Foto: 123rf.com

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kasatreskrim Polres Bantul, AKP M Kasim Akbar Batilan, mengatakan telah melimpahkan berkas perkara kasus penganiayaan Panwascam Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Agus Santosa, pada 17 September lalu, ke Kejaksaan. Kasim mengatakan masih menunggu hasil pemeriksaan berkas yang telah ia serahkan.

"Berkas sudah kami serahkan Senin (5 Oktober) kemarin, ke jaksa. Kami masih menunggu," kata Kasim kepada Metrotvnews.com, Jumat (9/10/2015).

Kasim menjelaskan, berkas yang telah diserahkan itu berisi hasil pemeriksaan korban, saksi, dan masyarakat. Setidaknya, ia melanjutkan, ada 9 hingga 10 orang yang telah diperiksa dalam kasus itu.

"Harapan kami, kasus itu bisa segera P21 atau ke pengadilan. Kasus (penganiayaan) itu murni tindak pidana," ujarnya.

Baca: Dilaporkan ke Bawaslu, KPU Bantul Siap Diperiksa

Ia menambahkan, penganiayaan melanggar Pasal 351 Ayat 1 KUHP dengan ancaman 2 tahun 8 bulan penjara.

Sebelum, Panwascam Sanden, Agus Santosa dianiaya seorang satgas partai politik dalam kampanye salah satu pasangan calon Pilkada Bantul, 17 September, lalu. Pada malam itu juga, korban langsung melaporkan kasus itu ke kepolisian.

Sementara itu, buntut dari kasus tersebut, sebanyak 10 aktivis yang tergabung dalam Forum Selamatkan Demokrasi Bantul mengadukan ketua dan empat anggota KPU Bantul ke Bawaslu DIY, Kamis (8/10/2015). Laporan itu terkait penganiayaan Panwascam Sanden dan dugaan ketidaknetralan KPU Bantul lantaran tak kunjung memberikan pernyataan resmi.

Ketika dikonfirmasi, Ketua KPU Bantul, Johan Komara menyatakan siap apabila akan dimintai klarifikasi terkait laporan itu.


(UWA)


Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah
Piala AFF 2018

Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah

1 hour Ago

Kekalahan 1-0 atas Singapura pada laga pertama cukup menjadi pecut bagi Hansamu Yama cs untuk b…

BERITA LAINNYA
Video /