Rupiah Menguat, Menko: Kita Harus Tetap Waspada

Suci Sedya Utami    •    09 Oktober 2015 19:00 WIB
rupiah menguat
Rupiah Menguat, Menko: Kita Harus Tetap Waspada
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution menilai menguatnya nilai tukar rupiah dan sekarang ini berada di level Rp13.412 per USD menunjukkan adanya spekulasi yang berdampak pada keperkasaan dolar Amerika Serikat (USD) mulai berkurang. Namun, tetap perlu ada kewaspadaan agar nilai tukar rupiah tidak kembali melemah.

"Spekulasi yang terjadi dibeberapa minggu, mungkin empat sampai enam minggu terakhir, kelihatannya sudah mulai berhenti (spekulasi). Dan, itu membuat kesempatan rupiah menguat," ungkap Darmin, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015).

Namun demikian, Darmin meminta agar semua kalangan tetap mewaspadai situasi dan kondisi yang bisa membuat nilai tukar rupiah kembali mengalami tekanan. Kewaspadaan tetap perlu dilakukan meski sekarang ini nilai tukar rupiah tengah menguat.

Menurut Darmin, ketidakpastian ekonomi dunia masih menghantui, utamanya Amerika Serikat (AS) yang menunda keputusan untuk menaikkan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate (FFR) dan diperkirakan akan dinaikkan pada awal 2016.

"Memang kita masih harus terus waspada. Siapa bilang tidak waspada. Artinya, tidak berarti dengan begini semua bisa selesai. Ekonomi di dunia pun belum selesai persoalannya. Apalagi ekonomi kita. Jadi jangan tarik kesimpulan semua sudah beres," tegas dia.


(ABD)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /