Kemarau Panjang, Air Waduk Penjalin Susut 50 Persen

Kuntoro Tayubi    •    10 Oktober 2015 10:54 WIB
wadukkekeringan
Kemarau Panjang, Air Waduk Penjalin Susut 50 Persen
Waduk Penjalin di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Volume air Waduk Penjalin yang berada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyusut hingga 50 persen dari daya tampungnya seiring memasuki musim kemarau tahun ini.

"Daya tampung volume air di waduk Penjalin mengalami penyusutan. Diperkirakan susut hingga 4,8 juta meter per kubik," ujar kepala UPT Pemali Hulu, Tasali, Sabtu (10/10/2015).

Waduk Penjalin sebagai sumber cadangan pengairan bagi lahan pertanian di wilayah tengah dan utara Kabupaten Brebes memiliki luas 1,25 kilometer persegi. Sesuai data, kapasitas normal waduk Penjalin mencapai 9,5 juta meter kubik, namun saat ini hanya tersisa sekitar 4,7 juta meter kubik.

Menurut Tasali, penyusutan daya tampung ini disebabkan berkurangnya suplai air dari sejumlah anak sungai yang berada di sekitar Waduk Penjalin akibat kemarau yang cukup panjang. Apalagi, secara teknis Waduk Penjalin merupakan waduk tadah hujan.

Uniknya, meski menyusut setengahnya, Waduk Penjalin masih mampu untuk dijadikan andalan dalam menyuplai kebutuhan air irigasi ke sejumlah bendung guna memenuhi kebutuhan lahan pertanian.

"Sejak dibangun pada 1930 oleh pemerintah Belanda, waduk tidak pernah kering. Warga juga memanfaatkan alat transportasi menggunakan perahu untuk penghubung antardesa," kata Tasali.

Sedangkan sejumlah daerah yang lahan pertaniannya disokong dari Waduk Penjalin, antara lain Kecamatan Paguyangan, Bumiayu, Songgom, Jatibarang, Larangan dan Ketanggungan wilayah timur.

Oleh pemerintah Kabupaten Brebes, selain pengairan dan transportasi, Waduk Penjalin juga digunakan sebagai tempat tujuan wisata.

Adapun keunggulan yang dimiliki Waduk Penjalin untuk tujuan wisata adalah terdapat area pemancingan, penyewaan perahu untuk rekreasi air keliling waduk, dan wisata kuliner. Warung sekitar menyajikan makanan ikan hasil tangkapan di waduk setempat.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /