Tindak Perusak Lahan, Pemerintah Kedepankan Pendekatan Administrasi

Achmad Zulfikar Fazli    •    10 Oktober 2015 11:08 WIB
asap
Tindak Perusak Lahan, Pemerintah Kedepankan Pendekatan Administrasi
Novrizal Tahar (tengah)----MTVN/Fikar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah gencar menindak perusahaan yang merusak hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Langkah ini diambil supaya masalah pembakaran hutan dan kabut asap ini tidak terus terulang.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Novrizal Tahar mengatakan, pemerintah telah melakukan pendekatan baru dalam menegakan hukum di kasus kabut asap ini, yakni dengan hukuman administrasi.

Pemerintah, kata dia, akan menggunakan multiple instrumen hukum dalam menjerat perusahaan yang terbukti bersalah dalam pembakaran hutan dan lahan ini.

"Kita sebenarnya sedang melakukan pendekatan baru. Kita menggunakan multiple instrumen hukum. Kalau biasanya pidana dan perdata. Sekarang kita instrumen administrasi," ujar Novrizal dalam diskusi dengan topik 'Masih Adakah Asa Melawan Asap?' di Gado-gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/10/2015).

Menurut dia, hukuman administrasi ini sangat efektif dalam memberikan efek jera kepada pelaku pembakar hutan dan lahan. Apalagi, prosesnya sangat cepat.

"Karena tidak perlu melakukan penyidikan dan penuntutan, tapi lewat administrasi negara. Langsung dari Kementerian Kehutanan (yang memberikan hukuman)," kata dia.

Meski mengedepankan hukuman administrasi, hal tersebut tidak menghilangkan hukuman pidana terhadap pelaku pembakar hutan. "Proses pidana dan perdatanya jalan terus tidak akan berhenti. Karena tidak bisa cepat. Kalau dari pidananya polisi yang mengambil. Kita juga melakukan pidananya," tegas dia.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada 63 perusahaan yang disegel dan 21 perusahaan diperiksa karena diduga terlibat dalam pembakaran hutan dan lahan ini. "Kurang lebih 23 korporasi akan kita umumkan (statusnya), dan 30 tim sedang di lapangan," pungkas dia.


(TII)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 minutes Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /