ISIS Dekati Aleppo, AS Tinggalkan Rencana Latih Pemberontak Suriah

Fajar Nugraha    •    10 Oktober 2015 11:16 WIB
isis
ISIS Dekati Aleppo, AS Tinggalkan Rencana Latih Pemberontak Suriah
Kelompok militan ISIS (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Aleppo: Kelompok militan Islamic State (ISIS) dikabarkan makin mendekati Kota Aleppo, Suriah. Kondisi tersebut mengancam pertahanan dari Pemerintah Suriah.

ISIS dikabarkan telah menguasai sebuah desa yang dekat dekat Aleppo. Mereka berhasil merebutnya dari pemberontak Pemerintah Suriah.

Meskipun serangan intensif dari Rusia melalui udara dan laut, kekuatan ISIS sepertinya masih belum terlalu terpengaruh.

Kabar ini datang di saat Amerika Serikat (AS) mengumumkan untuk menghentikan pelatihan terhadap para pemberontak pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad. AS justru akan memberikan senjata kepada para pemimpin pemberontak dan pasukannya di medan pertempuran.

Perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh ISIS di membuatnya lebih dekat sekitar 2 kilometer dari wilayah utara Aleppo. Sejak perang saudara pecah, Aleppo dilanda kehancuran dan penyakit yang mewabah di masyarakat.

Militer Suriah yang didukung oleh Rusia, Iran dan milisi sekutu melancarkan serangan ke wilayah Barat untuk menguasai wilayah yang dikuasai oleh pemberontak.

"Iran berada di jantung pertempuran dengan efektivitas dan kekuatan. Mereka sangat berpartisipasi," ujar seorang pejabat setempat, seperti dikutip Reuters, Sabtu (10/10/2015).

Sementara Rusia melancarkan serangan ke jantung pertahanan ISIS, dengan maksud untuk melemahkannya. Kementerian Pertahanan Rusia pun menyebutkan serangan di Suriah sudah menewaskan 300 pemberontak  anti-Assad. Selain itu 60 target ISIS berhasil pula dihantam oleh serangan Rusia.

"Sekitar 200 pemberontak tewas dalam serangan di Provinsi Aleppo dan 100 lainnya tewas di Aleppo," imbuhnya.

Dua komandan ISIS dilaporkan tewas dalam serangan Rusia yang dilancarkan sejak 10 hari lalu. Dalam laporan sebelumnya, Rusia menyebutkan telah menghantam 10 target setiap harinya.

 


(FJR)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /