Wisatawan Bogor dan Swiss Tewas Hirup Gas Beracun Gunung Ijen

Andi Himawan    •    10 Oktober 2015 11:25 WIB
pendaki tewas
Wisatawan Bogor dan Swiss Tewas Hirup Gas Beracun Gunung Ijen
Pesona keindahan Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (10/12/2012). Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Diduga sesak nafas akibat menghirup gas sulfatara beracun kawah Gunung Ijen, Kamarul Jaman, 49, pendaki asal Bogor, tewas. Jenazahnya saat ini disemayamkan di kamar jenazah RSUD Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kamarul diduga kelelahan dan mengalami gangguan pernafasaan setelah menghirup gas sulfatara kawah Gunung Ijen. Saat mendaki, kondisi korban lemas. Sejumlah penambang belerang membantu dan membawanya turun untuk mendapat penanganan medis. Namun, nyawa korban tidak dapat tertolong saat akan menuju Puskesmas Licin.

Korban mendaki bersama istri dan dua anaknya. Mereka berangkat dari penginapan Ijen Cliff dan tiba di kawasan Paltuding Ijen satu hari sebelumnya. Mereka mulai mendagi sekitar pukul 04.30 WIB, Sabtu, 10 Oktober.

Sebelumnya, otoritas setempat sudah menutup jalur pendakian ke kawah eksotis sejak Kamis, 1 Oktober. Penutupan pendakian dilakukan menyusul terjadinya letusan keras dari dalam kawah yang menimbulkan semburan gas sulfatara.

Namun, 5 Oktober, aktivitas pendakian dibuka kembali. "Itu pun berlangsung sehari karena malamnya kembali dilarang," kata Kapolsek Licin, AKP Jupriadi.

Jupriadi mengatakan korban meninggal dalam perjalanan menuju Puskesmas Licin.

Sebelumnya, Johan Joseph Brunner, 68, wisatawan asal Swiss, juga meninggal di tengah perjalanan saat mendaki kawah Gunung Ijen dari Paltuding Tamansari, Kecamatan Licin. Kematian Brunner juga diduga karena menghirup asap sulfatara.


(UWA)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

49 minutes Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /