Dubes RI: Indonesia Tak Tolak Bantuan Atasi Asap

Fajar Nugraha    •    10 Oktober 2015 11:53 WIB
asap
Dubes RI: Indonesia Tak Tolak Bantuan Atasi Asap
Asap yang meliputi Palembang (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Duta Besar Republik Indonesia untuk Thailand Lutfi Rauf, menyampaikan bahwa Indonesia tidak menolak bantuan atasi kabut asap.

Sebelumnya diberitakan, kabus asap dari Indonesia sudah mencapai Thailand. Untuk itu Pemerintah Thailand pun menyampaikan keprihatinannya.

"Betul. Mereka sampaikan keprihatinan asap sampai di Thailand Selatan. Saya sampaikan simpati, mereka tawarkan bantuan yang diperlukan Indonesia. Saya sampaikan terima kasih dan teruskan ke Jakarta," ujar Dubes Lutfi Rauf, saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (10/10/2015).

"Saya jelaskan seluruh langkah-langkah Pemerintah Indonesia mengatasi asap termasuk penahanan sekitar 70 tersangka individu dan korporasi," imbuhnya.

"Indonesia tidak tolak kerja sama dan bantuan selama bantuan tersebut sesuai kebutuhan pemadaman api di ke lapangan secara efektif seperti water bomber dengan kapasitas lebih besar seperti water bomber Rusia," tegasnya

Dubes Lufti menambahkan, kondisi udara di Thailand selatan săat ini sudah mulai kembali ke level yang tidak berbahaya.

Warga di Songkhla, Thailand mengeluhkan asap dari Indonesia yang telah mencapai wilayah mereka. Warga pun mengirim surat protes ke Konsulat RI di Songkhla.

Lebih dari 20 orang yang mewakili kelompok bernama "Hatyai-Songkhla Residents Affected by Haze from Indonesia", menyerahkan surat protes itu ke KJRI Songkhla. Surat tersebut diserahkan kepada pejabat Pensosbud KJRI Songkhla Wanney Fabiomata.

Surat protes itu berisi keluhan bahwa asap yang menyelimuti wilayah mereka sudah menimbulkan penyakit bagi warga.

Beberapa wilayah di Thailand dipenuhi dengan asap yang berasal dari Indonesia. Wilayah tersebut antara lain, Satun, Sangkhla, Pattani, Yala, Narathiwat dan Surat Thani.


(FJR)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /