Tips Mendapat Nilai TOEFL yang Tinggi

Putu Radar Bahurekso    •    10 Oktober 2015 11:56 WIB
pendidikankeluarga
Tips Mendapat Nilai TOEFL yang Tinggi
Ilustrasi. (Foto:petersons.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah salah satu syarat wajib bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studinya ke luar negri. Baik melanjutkan studi ke negara yang berbahasa ibu bahasa inggris, maupun ke negara yang tidak berbahasa dasar bahasa inggris, TOEFL tetap menjadi salah satu syarat wajib yang harus ditempuh oleh pelajar.

“TOEFL itu penting, karena memang hampir semua kampus di luar negeri punya syarat minimal TOEFL,” ujar Zakia Maulani, Product Coordinator ITC, saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Jumat 9 Oktober 2015.

Tidaklah mudah tentunya untuk bisa memperoleh nilai TOEFL yang baik. Dalam kesempatan ini, Zakia juga memberikan beberapa tips agar bisa memperoleh nilai TOEFL yang diharapkan.

“Tidak cuma siap secara akademis, tapi harus siap fisik dan juga siap secara mental karena waktu test yang panjang,” jelas Zakia.

“Kalau mau hasilnya bagus ya jangan dibawa tegang, terus latihan yang banyak. Kan udah banyak tuh soal-soal test latihan gratis di Internet, kalau mau lebih lengkap bisa beli yang berbayar. Paling bener ya banyak latihan,” tambahnya.

Membiasakan diri dengan mendengarkan percakapan bahasa Inggris, kemudian dengan teks-teks berbahasa Inggris juga sangat membantu dalam meraih hasil yang lebih maksimal.

Di Indonesia sendiri, yang terkenal dan biasa dilakukan dalam test TOEFL ada dua jenis, yakni TOEFL IBT (Internet Based Test) dan TOEFL PBT (Paper Based Test).  

“Kalau IBT ngerjainnya dari internet, sedangkan PBT ya pakai kertas. Tapi yang PBT sekarang udah hampir enggak dipakai lagi, terus kalau yang IBT skor paling tingginya 120 kalo, PBT yang bisa sampe 600an TOEFL nya,” tutur Zakia.

Selain itu PBT dan IBT, keduanya juga memiliki test yang berbeda. Dalam PBT testnya hanya melakukan reading test, listening test, dan structure test. Sedangkan IBT memiliki empat yaitu reading, listening, speaking, dan writing.

“Ada memang program yang bisa meng-convert nilai skor PBT kalau jadi skor IBT tuh berapa. Tapi itu hanya perkiraan, karena biar bagaimanapun PBT dan IBT tidak bisa dibandingkan apple to apple. Jadi lebih baik test lagi,” pungkasnya.


(LOV)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /