Imbas Pecahnya Peradi, SPI Imbau Ada Pemuktahiran Data Anggota

Octavianus Dwi Sutrisno    •    10 Oktober 2015 12:40 WIB
hukum
Imbas Pecahnya Peradi, SPI Imbau Ada Pemuktahiran Data Anggota
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bandung: Serikat Pengacara Indonesia (SPI) korwil Kota Bandung mengimbau setiap anggota untuk memutakhirkan data keanggotaan yang nantinya dilantik oleh Pengadilan Tinggi se-Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan penilaian induk organisasi yang pecah.

Pasalnya, organisasi yang menaungi SPI yaitu Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) terbagi terhadap tiga kubu, di antaranya kubu Otto Hasibuan Cs, Juniver Girsang Cs, dan Luhut Pangaribuan Cs. Pecahnya Peradi terjadi pada Kongres Munas Peradi di Makasar, beberapa waktu lalu.

"Organisasi ini nantinya, tidak akan single bar melainkan multi bar. Oleh sebab itu, pemuktahiran data keanggotaan menjadi prioritas utama," ungkap Ketua Serikat Pengacara Indonesia (SPI) Koorwil Kota Bandung, Maki, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/10/2015).

Maki menuturkan, langkah tersebut perlu dilakukan secepatnya agar tidak terjadi perpecahan dalam organisasi ini. "SPI sebagai salah satu pendiri Peradi memiliki tanggung jawab untuk menciptakan suasana kondusif dan menjalankan peraturan baru," kata dia.

Menurut informasi yang dihimpun Metrotvnews.com, perubahan mengenai peraturan keabsahan profesi advokat seiring dengan terbitnya Surat Ketua MA Nomor 73/KMA/HK.01/IX/2015 tentang Penyumpahan Advokat.


(UWA)


Parade Kemenangan Timnas Prancis

Parade Kemenangan Timnas Prancis

7 minutes Ago

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia 2018. Prancis pun menggelar pesta penyambutan tim…

BERITA LAINNYA
Video /