Kapolri Tindak Tegas Polisi yang 'Bermain' di Tambang Pasir Lumajang

Yogi Bayu Aji    •    11 Oktober 2015 02:19 WIB
salim kancil
Kapolri Tindak Tegas Polisi yang 'Bermain' di Tambang Pasir Lumajang
Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti (ketiga kiri) didampingi Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Arqom KH. Masykur (ketiga kanan) mengunjungi Ponpes Baitul Arqom di Balung, Jember, Jawa Timur, Sabtu (10/10). ANTARA FOTO/Seno

Metrotvnews.com, Jember: Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menyatakan kesiapannya untuk menindak tegas semua pelaku tanpa tebang pilih dalam tragedi tambang pasir 'berdarah' di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dia tak segan membawa anak buahnya ke meja hijau jika terlibat dalam kasus tersebut.

"Sudah dilakukan proses hukum, bagi siapa saja yang bersalah dan terlibat, penambang, pelaku pembunuhan, kepala desa, bahkan anggota Polri, semuanya dilakukan proses hukum sesuai dengan aturan," kata kata Badrodin saat berpidato di hadapan ribuan orang di Pondok Pesantren Baitul Arqom di Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Sabtu (10/10/2015).

Menurut dia, tiga anggota Polri yang diduga terlibat dalam aliran dana tambang pasir di Desa Selok Awar-Awar sudah menjalani sidang disiplin di Kepolisian Daerah Jawa Timur. Jika bersalah, mereka akan dihukum berat.

"Kemungkinan anggota Polri yang terlibat bisa saja bertambah, namun hal tersebut harus didukung dengan fakta hukum. Kalau ditemukan maka akan diproses sesuai aturan baik sidang disiplin maupun tindak pidananya. Kalau belum ditemukan bukti, maka tidak bisa diproses," tutur dia.

Jenderal polisi berbintang empat asal Jember itu menegaskan proses hukum terhadap tragedi pertambangan tersebut sedang dilakukan penyidik Polda Jatim dan Polres Lumajang. "Saya minta kasus Lumajang diselesaikan dengan baik, itu tuntutan saya. Oleh karena itu, saya memilih orang-orang terbaik untuk menyelesaikan kasus itu," jelas dia. (Antara)


(OGI)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /