Lima Persen APBN untuk Atasi Bayi Bergizi Buruk

Yogi Bayu Aji    •    11 Oktober 2015 04:05 WIB
apbn
Lima Persen APBN untuk Atasi Bayi Bergizi Buruk
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/10). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Peru: Pemerintah dipastikan akan mengeluarkan anggaran kesehatan sebesar lima persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di 2016 mendatang. Anggaran ini akan dipakai untuk mengatasi bayi bergizi buruk.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di sela-sela pertemuan tahunan IMF-World Bank di Lima, Peru. Masalah kesehatan balita memang menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan di pertemuan tersebut.

"Bank Dunia mempunyai komitmen untuk terus membantu negara-negara termasuk Indonesia. Untuk menangami masalah ini. Kebetulan presiden Bank Dunia mempunyai latar belakang dokter. Meskipun ada bantuan dari Bank Dunia, yang tentunya akan bermanfaat, yang paling penting alokasi anggaran kita sendiri, baik di pusat APBN dan daerah, harus difokuskan kepada anak-annak balita dan ibu yang sedang mengandung" kata Bambang

Beberapa negara berkembang diketahui sedang menghadapi masalah gizi buruk ini. Masalah ini membuat kualitas generasi penerus perlahan menurun sehingga, jika dibiarkan, generasi itu tak akan bisa diandalkan menjadi tenaga kerja potensial.
 
Gizi buruk juga membuat bonus demografi yang bisa dinikmati 2020 mendatang, justru bisa menjadi beban. Ketika dewasa, bayi bergizi buruk disebut bisa menjadi beban masyarakat. (Ade Firman)


(OGI)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /