Menperin akan Awasi Produk Ilegal

Gervin Nathaniel Purba    •    11 Oktober 2015 13:41 WIB
kementerian perindustrian
Menperin akan Awasi Produk Ilegal
Illustrasi. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan saat ini masih banyak berbagai macam produk ilegal yang masuk ke Indonesia. Produk ilegal yang dimaksud seperti pakaian bekas sampai barang elektronik.

Saleh Husin belum mengetahui berapa jumlah total produk ilegal yang masuk ke tanah air. Sebab penyerabaran produk ilegal ini tidak hanya disatu titik, tetapi hampir menyerang seluruh pasar di Indonesia.

"Jumlahnya tidak tahu pasti. Berdasarkan laporan dari asosiasi sepert elektronik itu banyak yang masuk secara ilegal, mereka tidak bayar pajak, seperti pakaian bekas," ujar Saleh Husin saat ditemui di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (11/10/2015).

Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan sekaligus bekerja sama dengan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan juga Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mengurangi jumlah produk ilegal yang kian marak beredar di Indonesia.

"Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan bekerjasama dengan bea cukai dan perdagangan untuk dapat memberikan efek jera kepada para pemasok produk ilegal," kata Menperin.

Menurutnya dengan diberantasnya produk ilegal, tentu akan memberikan nilai tambah bagi produk-produk nasional.

"Pemerintah sejauh ini sangat membantu keberadaan produk yang dihasilkan dari dalam negeri," tuturnya.


(SAW)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /