Koalisi Perempuan Indonesia Tuntut Pemerintah Wujudkan Kesetaraan Gender

Suci Sedya Utami    •    11 Oktober 2015 14:09 WIB
Koalisi Perempuan Indonesia Tuntut Pemerintah Wujudkan Kesetaraan Gender
Koalisi Perempuan Indonsia (KPI) saat jumpa pres jelang peringatan internasional perempuan pedesaan,--Foto: MTVN/Suci Sedya Utami

Metrotvnews.com, Jakarta: Koalisi Perempuan Indonesia menuntut agar pemerintah mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan pembangunan desa. Hal ini dilakukan menjelang hari peringatan internasional perempuan pedesaan pada 15 Oktober mendatang yang telah ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2008.

Sekretaris Jenderal Koalisi Pemerintah Indonesia, Dian Kartikasari mengatakan, perempuan desa sebenarnya memiliki sumbangan besar terhadap pembangunan desa. Namun sayangnya diskriminasi gender masih kerap terjadi.

"Dalam merayakan hari internasional perempuan desa kami menuntut pemerintah khususnya kepala desa mewujudkan kesetaraan gender dan juga larangan diskriminasi gender," kata Dian dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/10/2015).

Setidaknya disebutkan ada 11 kewajiban negara yang harus dipenuhi untuk mencapai kesetaraan gender. Berdasarkan resolusi PBB 62/136 menyatakan, agar negara-negara anggota PBB mengintegrasikan langkah-langkah strategis ke dalam rencana pembanginan di tinglat nasional, regional dan internasional untuk meningkatkan situasi perempuan desa, di antaranya:

Menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk peningkatan kehidupan perempuan desa; memberi perhatian pada kebutuhan khusus perempuan pedesaan; mengakui sumbangan yang diberikan perempuan dalam pembangunan; memberikan akses partisipasi penuh dalam pembangunan, implementasi dan tindak lanjut dari kebijakan makro ekonomi, termasuk kebijakan pembangunan dan penghapusan kemiskinan berdasarkan kesepakatan-kesepakatan internasional.

Pemberdayaan secara politik dan sosial ekonomi dan mendukung partisipasi perempuan secara penuh dan setara antara laki-laki dan perempuan dalam pengambilan keputusan; mendukung organisasi perempuan, serikat buruh dan kelompok masyarakat sipil lainnya untuk mempromosikan hak-hak perempuan pedesaan; menyelenggarakan konsultasi untuk desain dan strategi pembangunan pedesaan yang diikuti perempuan.

Memastikan perspektif perempuan pedesaan terintegrasi dalam perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut dab evaluasi kebijakan terlait dengan emergensi; mengambil seluruh tindakan yang diperlukan untuk mencegah bentuk diskriminasi.

Memastikan perspektif gender dam semua perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, pemantauan dan evaluasi kebijakan pembangunan dan anggaran dan kemanfaatan kebijakan dalam pengurangan kemiskinan bagi perempuan di pedesaan; serta dengan melakukan investasi untuk keterjangkauan dalam memenuhi kebutuhan dasar perempuan.
(MBM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /