Pertamina akan Bangun Tiga Kilang Minyak

Gervin Nathaniel Purba    •    11 Oktober 2015 18:01 WIB
pertamina
Pertamina akan Bangun Tiga Kilang Minyak
Ilustrasi kegiatan di SPBU. FOTO/Antara,Hafidz

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) berencana akan membangun sebanyak tiga kilang minyak dalam upaya peningkatan produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan mengurangi ketergantungan impor.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan pihaknya sudah menentukan satu lokasi pembangunan kilang minyak di daerah Bontang. Menurut Wianda, daerah tersebut lahannya sudah dimiliki oleh Pertamina.

Meskipun begitu, perseroan masih menunggu adanya Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembanungan kilang minyak ini. Hal ini disebabkan perseroan ingin mempercepat proses pembangunan kilang minyak.

"Kita ingin percepat pembangunan kilang minyak yang normalnya tujuh sampai delapan tahun, kita ingin percepat di bawah lima tahun," ujar Wianda Pusponegoro saat ditemui di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (11/10/2015).

Menurut Wianda, Perpres ini diperlukan lantaran Pertamina memerlukan payung hukum supaya ada koordinasi antar Kementerian terkait dan supaya jangan dianggap melanggar ketentuan yang berlaku. Dengan begitu Pertamina dapat dengan cepat melakukan pengadaan barang dan jasa.

"Semua percepat, penunjukkan kontraktor juga dipercepat. Dan hal lain dari sisi teknis, detail enginering, dan desain harus dipercepat," ungkap Wianda Pusponegoro.

Sedangkan lokasi untuk dua kilang minyak berikutnya masih dikaji oleh pihak Pertamina. Menurutnya Pertamina akan meninjau dahulu daerah mana yang konsumsinya paling tinggi.

"Kemudian kalau saya sebut satu lokasi taunya lahan itu belum punya Pertamina, bisa menciptakan spekulasi di lapangan. Tentu ini kajian kami, selain Bontang, akan kaji dua kilang baru lainnya, lokasinya masih dikaji," jelasnya.

Dirinya juga berharap agar Perpres tidak begitu lama dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan dikeluarkannya Perpres, kemungkinan besar Pertamina sudah melakukan groundbreaking di Bontang pada 2016.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /