DPRD Jabar Siapkan Raperda Ormas

Jaenal Mutakin    •    11 Oktober 2015 18:05 WIB
ormas
DPRD Jabar Siapkan Raperda Ormas
Foto: ant.

Metrotvnews.com, Bandung: DPRD Jawa Barat sedang membahas rancangan peraturan daerah terkait keberadaan organisasi masyarakat (ormas). Nantinya, raperda ini diharapkan mampu menyempurnakan peraturan pemerintah terkait ormas.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir mengatakan, pembahasan raperda ini diharapkan mampu menjadi acuan bagi ormas agar keberadaannya semakin baik dan teratur. Terlebih, lanjut Syahrir, jumlah ormas di Jabar bertambah banyak.

"Berdasarkan data dari kesbangpolinmas, jumlah ormas di Jabar sekitar 300," kata Syahrir di Bandung, Minggu (11/10). Syahrir menjelaskan, adanya peraturan tersebut bukan untuk membatasi ruang gerak ormas.

"Bukan untuk membatasi. Biar lebih ada keseimbangan," kata Syahrir seraya menyebut raperda ini merupakan inisiatif DPRD Jabar.

Lebih lanjut, Syahrir katakan, ormas memiliki peran positif terutama dalam mengawasi jalannya pembangunan. Syahrir mengaku, pihaknya sangat terbantu oleh ormas dalam mengawasi pemerintah selaku pelaksana pembangunan.

"Peran ormas sangat membantu kinerja kita. Mereka pemerhati, pengawas di luar kita. Mereka menemukan kekurangan dan permasalahan yang terjadi di lapangan," ujarnya.

Kendati begitu, Syahrir meminta agar ormas lebih kondusif dalam menjalankan aktivitasnya. Ormas, kata Syahrir, harus mampu menemukan persoalan yang selama ini menghambat pembangunan.

"Polanya seperti itu. Saling sinergi agar menciptakan kondisi yang baik," katanya.


(SAN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /