Atlet Jabar akan Studi Banding ke Luar Negeri

Jaenal Mutakin    •    11 Oktober 2015 21:49 WIB
olahraga
Atlet Jabar akan Studi Banding ke Luar Negeri
Sejumlah atlet Jabar mengikuti acara hitung mundur 333 hari jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 10 Oktober.(Foto: ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Bandung: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat terus bertekad dalam mewujudkan 'Jabar Kahiji' pada Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 mendatang. Kemampuan bertanding atlet terus diasah demi mewujudkan target juara umum tersebut.

Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin mengatakan, salah satu cara yang dipilih untuk meningkatkan prestasi atlet Jabar adalah dengan mengikutsertakan mereka pada berbagai kejuaraan. Bahkan, kata Ahmad, pihaknya berupaya sekuat mungkin untuk menerjunkan atlet Jabar pada kejuaraan tingkat dunia.

"Kita memiliki banyak cara untuk meningkatkan prestasi atlet. Termasuk mengirimkan ke kejuaraan dunia juga. Ini wajib hukumnya," kata Ahmad di Gedung Sate, akhir pekan ini.

Ahmad menjelaskan, pihaknya mengirimkan atlet ke sejumlah negara Asia sebagai ajang latih tanding. "Ada yang ke Korea kan," katanya.

Selain itu, untuk cabang olahraga sepak bola, kata Ahmad, akan direncanakan uji tanding ke Thailand, Vietnam, dan Myanmar. "Ini penting untuk mengukur sejauh mana kemampuan," katanya.

Selain mengukur kemampuan atlet sendiri, pihaknya pun melakukan sejumlah upaya untuk menganalisa kekuatan lawan. "Kita tahu persis berapa kita unggul dari calon-calon lawan. Kita sudah petakan," tuturnya.

Untuk menjadi juara umum, diperlukan sekitar 18-25 persen medali emas dari keseluruhan yang diperebutkan, lanjut Ahmad. "PON sekarang ada 753 nomor pertandingan. Kalau ingin juara, amannya 20-25 persen medali emas, berarti sekitar 151-188 medali emas," kata Ahmad seraya memaparkan cabor mana saja yang diprediksi menjadi lumbung medali bagi Jabar.


(REN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /