Sean Masih Butuh Waktu untuk Adaptasi di GP2

Achmad Firdaus    •    12 Oktober 2015 13:01 WIB
sean gelael
Sean Masih Butuh Waktu untuk Adaptasi di GP2
Foto: Dok.Sean Gelael

Metrotvnews.com, Sochi: Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael menjalani pekan yang berat saat tampil di seri GP2 Rusia, akhir pekan ini. Meski harus menghadapi sejumlah masalah, pembalap tim Jagonya Ayam With Carlin ini masih mampu menyelesaikan dua balapan yang dijalaninya.

Persiapan jelang balapan di Sirkuit Sochi memang sedikit "aneh" bagi Sean. Pada sesi latihan bebas hari Jumat, sirkuit sangat licin lantaran ada bekas tumpahan bahan bakar dari sesi latihan sebelumnya, atau Kamis sore.

Pembalap 18 tahun ini pun bekerja ekstra keras untuk mendapatkan waktu yang baik. Saat sudah bersiap tampil di balapan kering, hujan kemudian turun dan memaksa sesi kualifikasi berlangsung dengan kondisi basah.

Situasinya semakin sulit lantaran Sean membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan mobilnya. Hal ini dikarenakan ia tidak ambil bagian pada seri GP2 sebelumnya di Monza, Italia karena harus tampil di ajang Formula Renault 3.5. Beberapa pekan absen, tentunya Sean membutuhkan waktu untuk kembali memahami mobil di GP2. Itu belum termasuk fakta bahwa ia belum pernah balapan di Sirkuit Sochi.

Terlepas dari semua kendala yang harus dihadapinya, Sean memulai balapan pertama (feature race), Sabtu 10 Oktober, dengan cukup baik. Mengambil start dari urutan 24, Sean  mampu merangsek ke posisi 18.

Tapi kemudian, bendera merah dikibarkan menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan pembalap lain. Peluang Sean untuk mendapatkan pengalaman lebih pun jadi tereduksi lantaran usai bendera merah, balapan hanya dilanjutkan selama 12 lap. Sean akhirnya berhasil finis di posisi 19 pada balapan pertama.

Di balapan kedua atau sprint race, Minggu 11 Oktober, situasi sulit kembali dihadapi Sean. Dia mengalami masalah pada sistem pengereman mobilnya sehingga memaksanya harus masuk pit stop.

Lantaran cukup lama memperbaiki masalah itu, Sean harus tertinggal satu lap dari pembalap lain. Fakta tersebut sontak memupuskan harapannya untuk bisa meraih hasil apik di Sochi.

Namun, Sean tak putus asa. Selepas dari pit, ia mampu  mencatatkan waktu yang cukup bagus di tiap lapnya. Akan tetapi, karena sudah tertinggal satu lap, ia pun harus menerima kenyataan finis di posisi 21.

"Saya masih membutuhkan waktu, dan sayangnya saya tidak memiliki waktu yang saya butuhkan pada balapan ini," ujar Sean (12/10/2015).

"Saya kesulitan menemukan gaya balapan yang tepat. Meski begitu, pada lap terakhir saya mampu menyamai catatan waktu pembalap lain, jadi itu merupakan sinyal positif," lanjutnya.

Selanjutnya, Sean kini akan fokus untuk tampil pada seri pamungkas di ajang Formula Renault 3.5 yang akan dimainkan di Sirkuit Jerez, Spanyol, 17--18 Oktober. Sementara di ajang GP2 Series, Sean masih akan tampil pada dua balapan, yakni pada seri di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 28--29 November 2015.



(ACF)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /