Anak Usaha AKR Corporindo Keluarkan Rp4 Triliun Bangun JIIPE

Dian Ihsan Siregar    •    12 Oktober 2015 15:33 WIB
akr corpindo
Anak Usaha AKR Corporindo Keluarkan Rp4 Triliun Bangun JIIPE
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak usaha PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), ‎PT Usaha Era Pratama Nusantara mengaku sudah mengeluarkan dana sebesar Rp4 triliun untuk membangun Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur (Jatim). Direncanakan total keseluruhan dana pembangunan memakan dana sebanyak USD2 miliar.

Kawasan JIIPE ini merupakan pembangunan yang dikelola oleh PT Pelindo III (Persero) dan AKR Corporindo. Dana pembangunan ini bakal disalurkan kedua belah pihak, di mana Pelindo III mengeluarkan 50 persen, dan sisanya dari AKR Corporindo sebanyak 50 persen.

"Total bicara pembangunan JIIPE USD2 miliar, tapi sampai saat ini semenjak ground breaking ‎di 2013 baru mengeluarkan Rp4 triliun," ucap Direktur Usaha Era Pratama Nusantara Koko Matthew Z, ditemui di Kantor Pusat ‎BKPM, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Pembangunan JIIPE yang memiliki lahan seluas tiga ribu hektare (ha) akan dibangun secara bertahap. Pada tahap pertama, kawasan industri tersebut bakal membuat jalan utama dari gerbang sampai ke pelabuhan. Tahap kedua bakal membangun jalan tol dan jalan rel. Setelah itu ada rel terminal, sehingga kawasan itu memiliki fasilitas yang baik untuk industri.

"Paling kita komit untuk membangun. Sampai selesai dana itu habis selama 10 tahun. Dana itu untuk tanah, infrastruktur, dan untuk pelabuhan yang akan dibangun," jelas dia.

Ia menambahkan, guna menuntaskan proses pembangunan tersebut maka di tahun depan perusahaan akan mencari dana pinjaman sebesar Rp3 triliun. Dana pinjaman itu diperkirakan didapatkan dari bank dalam negeri, salah satunya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

"Kita dapatkan dari pinjaman bank dalam negeri, salah satunya Mandiri, mungkin bisa konsorsium. Luas lahan tiga ribu ha. Sebanyak 1.800 ha untuk industri, 800 ha untuk perumahan dan lain-lainnya," pungkas Koko.


(ABD)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /