Siapkan Industri Lokal Hadapi Tantangan Global

Husen Miftahudin    •    12 Oktober 2015 20:21 WIB
kementerian perindustrian
Siapkan Industri Lokal Hadapi Tantangan Global
Menperin Saleh Husein. MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Purwakarta: Menghadapi tantangan dunia dalam perdagangan global membuat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) segera melakukan penguatan terhadap industri lokal. Peremajaan peralatan dan mesin, pembinaan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) melalui Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL), dan memfasilitasi akses permodalan menjadi langkah pemerintah dalam memperkuat industri lokal.

"Penyusunan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk-produk manufaktur dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), serta memacu penggunaan produk dalam negeri pada belanja barang dan jasa kementerian juga memperkuat industri kita," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin dalam keterangan tertulisnya, Purwakarta, Senin (12/10/2015).

Tak ayal, lanjut dia, investasi pada industri lokal pun terus tumbuh, salah satunya adalah Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). Menurut dia, penanaman modal dan pengembangan industri terus melaju seiring penurunan harga gas, listrik dan solar.

"Ini memberi kepastian bagi dua pihak sekaligus yaitu pengusaha dan juga pekerja. Bisnis berjalan dan lapangan kerja meningkat. Ini menunjukkan bahwa sektor TPT memiliki peluang besar untuk terus ditingkatkan dan mampu berkompetisi secara global," paparnya.

Seperti diketahui, hingga triwulan II tahun ini, investasi di sektor TPT telah mencapai Rp3,95 triliun dengan komposisi 55,8 persen untuk Penanaman Modal Asing (PMA) dan 44,2 persen untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Industri padat karya ini menyerap tenaga kerja sebesar 10,6 persen dari total tenaga kerja industri manufaktur dan menyumbang 1,22 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Bahkan nilai ekspor telah mencapai USD12,7 miliar per tahun.

"Investasi TPT yang hampir Rp 4 triliun itu menguatkan keyakinan industri kita tetap tumbuh. Optimisme pelaku industri sejalan dengan upaya pemerintah mempertahankan iklim usaha tetap kondusif," pungkas Saleh.


(SAW)

Video /