Butuh Pertumbuhan Ekonomi Double Digit untuk Memperkuat Rupiah

Eko Nordiansyah    •    12 Oktober 2015 20:33 WIB
ekonomi indonesia
Butuh Pertumbuhan Ekonomi <i>Double Digit</i> untuk Memperkuat Rupiah
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas), Sigit Pramono menjelaskan, pemerintah Indonesia perlu meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga double digit. Hal tersebut menurut Sigit merupakan satu-satunya cara untuk memperkuat rupiah.

"Kalau mau serius bikin kuat mata uang kita ya komitmen pertumbuhan ekonomi tumbuh double digit," kata Sigit di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jalan Dr Wahidin, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).

Sebagai salah satu negara perekonomian terbesar di dunia, pertumbuhan ekonomi double digit bukan hal mustahil. Terlebih lagi, komitmen pemerintahan Joko Widodo dengan rencana pembangunan jangka panjang, maka pertumbuhan akan semakin kuat.

"Ini bedanya pemerintah sekarang dan orde baru. Mereka komitmen jangka panjang lebih terlihat. Ini perlu kepekatan politik antara parlemen dan pemerintah dan bisa disepakati antar parlemen," jelas dia.

Sementara itu, masih menurut Sigit, pinjaman dari Tiongkok untuk bank-bamk BUMN adalah salah satu upaya mengurangi tekanan terhadap rupiah, namun sebagai langkah jangka pendek saja.

"Itu lebih banyak untuk mengurangi tekanan, paling tidak itu mengurangi tekanan. Itu sangat jangka pendek, pinjaman harus dikembalikan, harus kita atur dengan baik, yang paling ideal," pungkasnya.


(SAW)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

4 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /