Kereta Bandara Minangkabau Siap Beroperasi 2016

Desi Angriani    •    12 Oktober 2015 20:50 WIB
transportasi
Kereta Bandara Minangkabau Siap Beroperasi 2016
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (kanan) bersama Menteri Kemaritiman Indroyono Soesilo (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai meninjau Posko di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (7/1/2015).MI/Arya Manggala).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan jalur kereta api di bandar udara Internasional Minangkabau (BIM), Padang, Sumatera Barat dijadwalkan rampung pada 2016.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pembangunan jalur kereta ini merupakan gagasan Presiden Joko Widodo. Tujuannya, agar semua bandara di Indonesia bisa terhubung jalur kereta api.

"Iya 2016 itu beroperasi kereta api bandara di Padang," kata Jonan di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Jonan menjelaskan, rute yang akan dilalui kereta tersebut mulai dari Stasiun Padang (Simpang Haru) menuju Stasiun Duku (Batang Anai), dan masuk ke BIM.

Rel yang dibangun juga merupakan jalur tambahan sepanjang 4,2 kilometer. Pembangunan jalur tersebut sudah mencapai 75 persen, sehingga diperkirakan tuntas akhir tahun ini.

"Stasiun padang, stasiun Dukuh terus langsung masuk bandara. Sebentar lagi selesai," ungkap Jonan.

Mantan Dirut PT KAI ini menambahkan, pembangunan kereta ini juga tidak terkendala persoalan pembebasan lahan, sehingga pembangunannya dapat berjalan tepat waktu.

Sementara itu, keseluruhan biaya pembangunan kereta menggunakan APBN-Perubahan 2015. Ini berbeda dengan pembangunan kereta Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

"Tidak ada masalah lahan, bisa sesuai rencana kok itu," tandas Jonan.


(DEN)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

8 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /