Kemenpan Diminta Deregulasi Batasan Usia Maksimum Tenaga Pengajar Kemaritiman

Husen Miftahudin    •    13 Oktober 2015 13:57 WIB
kemenko maritimkemenko maritim ads
Kemenpan Diminta Deregulasi Batasan Usia Maksimum Tenaga Pengajar Kemaritiman
illustrasi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya mengakui tenaga-tenaga pengajar dan instruktur profesional yang tersertifikasi dalam bidang pendidikan dan pelatihan (diklat) kemaritiman saat ini masih minim.

Hal ini yang perlu menjadi perhatian untuk meregenerasi tenaga pendidik yang kompeten di lembaga-lembaga diklat kemaritiman.

Deputi bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengungkapkan, masalah tenaga pendidik tersebut karena terkendala aturan yang membatasi usia pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dalam PP No 11 Tahun 2002 tercantum bahwa usia penerimaan CPNS maksimal 35 tahun.

"Padahal usia 25-40 tahun merupakan masa golden ages bagi lulusan pendidikan kemaritiman untuk bekerja di laut, terutama di luar negeri. Ini yang mengurangi minat para calon pendidik untuk menjadi CPNS," ujar Safri, ditemui di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2015).

Maka itu, ia meminta kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) untuk menderegulasi batasan usia maksimum pengangkatan pertama CPNS di tenaga pendidik kemaritiman. Karena dengan begitu, tenaga pendidik yang profesional dan tersertifikasi berminat untuk menjadi tenaga pendidik kemaritiman di dalam negeri.

"Mereka yang lulus dari sekolah kemaritiman biasanya enggan untuk langsung menjadi tenaga didik dalam negeri. Mereka terlebih dulu mencari pengalaman untuk meningkatkan profesionalitas mereka. Sayangnya, ketika kembali ke Indonesia untuk jadi tenaga didik, mereka sudah di atas 35 tahun, sedangkan CPNS kan maksimalnya 35 tahun," paparnya.


(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /