Dana FIFA Turun, Proyek PSSI Dimulai

   •    06 September 2013 07:11 WIB
Dana FIFA Turun, Proyek PSSI Dimulai
Lapangan Sawangan -- ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Metrotvnews.com, Jakarta: FIFA segera mencairkan dana bantuan sebesar US$500 ribu (Rp5,3 miliar) untuk program pengembangan sepak bola di Indonesia.

Dana tersebut akan digunakan untuk membantu PSSI membangun National Youth Training Center di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Kepastian itu didapat setelah Sekjen PSSI Joko Driyono mendapatkan pesan singkat dari Development Office Assistant FIFA Jeysing Muthiah berisi rencana pencairan dana tersebut.

Dana tersebut merupakan bagian dari Goal Program yang diemban FIFA sejak 1999 dengan anggaran total US$260 juta.

Kali ini Indonesia kebagian jatah bahkan menjadi proyek Gaal pertama dari 27 proyek baru musim ini yang akan diimplementasikan.

"FIFA menyetujui proyek pertama untuk PSSI. Akhirnya setelah mencoba mengajukan proposal selama 10 tahun, jadilah," kata Joko.

Meski begitu pemberitahuan resmi dari FIFA belum sampai ke PSSI. Joko berharap jika dana sudah cair maka pembangunan bisa dimulai tahun depan.

"Kami masih menunggu kabar resminya. Artinya, berita dari sumber yang kompeten. Jika memang demikian, kami akan bersiap. Kami berharap awal tahun depan sudah dapat dimulai," ujarnya.

Menurut laman resmi FIFA, negara-negara ASEAN yang masuk dalam program Goal segera mendapatkan dana bantuan yang dijanjikan setelah Komite Pengembangan FIFA yang baru melakukan rapat pada 3 September lalu.

Selain Indonesia, anggota AFC lainnya yang dapat bantuan ialah Bahrain, Brunei Darussalam, Palestina, Seychelles, Singapura, dan Tajikistan

Direktur FIFA untuk Anggota Asosiasi dan Pengembangan Thierry Regenass menyatakan pihaknya gembira bisa membantu Indonesia.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang sangat potensial bagi pengembangan sepak bola. Pasalnya, popularitas sepak bola di Indonesia terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kami sangat senang bahwa setelah banyak isu internal yang memengaruhi struktur organisasi sepak bola Indoesia bisa diselesaikan, proyek Goal FIFA yang pertama bisa diimplementasikan," jelasnya. (Maggie Nuansa Mahardika)



Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

2 days Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /