13 Kabupaten/Kota Belum Serahkan Berita Acara Penetapan DPT

Dheri Agriesta    •    13 Oktober 2015 14:46 WIB
pilkada serentak
13 Kabupaten/Kota Belum Serahkan Berita Acara Penetapan DPT
Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay. (Foto: MI/Atet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat 13 kabupaten/kota belum menyerahkan berita acara penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Tiga dari 13 kabupaten/kota mendapat rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk menunda penetapan DPT.
 
"Sampai saat ini masih ada 13 kabupaten/kota yang daftar pemilihnya itu belum ditetapkan," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2015).
 
Dari 13 daerah itu, ada tiga daerah yang memiliki pasangan calon tunggal kepala daerah, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Timur Tengah Utara, dan Kabupaten Blitar. Tiga daerah yang menunda penetapan DPT karena mendapatkan rekomendasi Panwaslu adalah Kota Batam, Kabupaten Mandailing Natal, dan Kota Mataram.
 
Sedangkan tujuh daerah lainnya sudah menetapkan DPT, tapi belum menyerahkan berita acara. "Seperti Maluku Barat Daya, Seram Bagian Timur, Yahukimo, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, dan Sorong Selatan," jelas Hadar.
 
Hadar mengatakan, sementara ada 96 juta pemilih akan berpartisipasi dalam pilkada serentak akhir tahun ini. KPU bekerja dalam dua sektor untuk mengumpulkan DPT. KPU mengumpulkan DPT lewat sistem informasi dan berita acara yang disetorkan KPU daerah kepada KPU Pusat.
 
Diketahui, total pemilih yang tercatat sebanyak 96.165.966 dengan rincian, laki-laki sebanyak 48.134.104 dan perempuan sebanyak 48.031.862. Angka ini diperoleh berdasarkan berita acara yang diterima KPU.
 
Angka ini sedikit berbeda dengan angka yang tercatat secara online di halaman resmi KPU. Data yang dimiliki KPU berdasarkan sistem informasi Sidalih, tercatat 96.869.739 pemilih.


(FZN)


Video /